Booming Harga Komoditas, Airlangga Pede Ekonomi RI 2022 Tumbuh 5,2%

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto optimistis perekonomian Indonesia di kuartal III-2022 akan tetap tumbuh dengan baik. Setelah di kuartal II-2022 ini perekonomian mencatatkan pertumbuhan di 5,44 persen.

Airlangga mengatakan, secara keseluruhan di kuartal III-2022 nanti pada proyeksi Purchasing Managers' Index (PMI) atau indeks manufaktur, dan indeks keyakinan konsumen (IKK) relatif ada di posisi yang baik.

"Dari sisi PMI, IKK, kemudian dari segi neraca yang relatif  seluruhnya berada dalam posisi baik. Demikian pula dengan ketahanan eksternal yang terkait dengan jumlah devisa yang kita masih pegang," ujar Airlangga dalam telekonferensi, Jumat 5 Agustus 2022.

Airlangga meyakini, ke depannya dari perubahan harga komoditas relatif tetap landai. Di mana hal itu mengartikan bahwa pada sisi supply disruption dan dari permintaan tidak akan ada perubahan yang mendasar.

Pertumbuhan Ekonomi (ilustrasi).

Pertumbuhan Ekonomi (ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Sehingga dengan demikian Indonesia masih bisa memanfaatkan komoditi booming (Tingginya harga komoditas). Dan dengan situasi seperti itu Pemerintah tetap optimis di full year pertumbuhannya tetap di 5,2 persen itu bisa dicapai," jelasnya.

Sementara di kuartal IV-2022, Airlangga mengatakan Pemerintah juga optimis angka pertumbuhan ekonomi ada di atas 5 persen. "Karena kita untuk mendapatkan 5,2 persen, maka kuartal III dan kuartal IV itu harus di atas 5 persen," ujarnya.