Tren Baru Konsumen Belanja Online Ini Untungkan UMKM

ilustrasi belanja online.
ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Bisnis – Co-Founder and Chief Executive Officer Tokopedia Wiliam Tanuwijaya mengatakan, tren baru global saat ini adalah berkembangnya hyperlocal. Yaitu ketika konsumen khususnya belanja online, menginginkan barang yang mereka pesan bisa sampai lebih cepat dan jika memungkinkan di hari yang sama.

Tren ini, kata William, memberikan dampak positif karena dengan mendukung pengusaha lokal maka membuka lapangan kerja dan juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi domestik.

“Karena itu ketimbang menunggu barang dari impor yang sampainya lama maka konsumen lebih memilih penjual yang bisa mengirim barang besok sampai atau dikirim di hari yang sama,” kata William webinar Hari UMKM Nasional 2022 Yang Lokal yang Juara, Jumat, 9 Agustus 2022.

Karena itu menurutnya, Tokopedia dan Goto, terus berkomitmen mendukung tren-tren global. Khususnya memastikan penggiat UMKM lokal dapat terus tumbuh dan jadi tuan rumah di negara sendiri.

“Para penggiat UKM khususnya brand-brand masa depan Indonesia dapat dilayani oleh inovasi Tokopedia yaitu menaruh barang mereka di gudang pintar Tokopedia sehingga bisa menawarkan pengalaman hyperlocal dengan lebih konsisten khususnya pengiriman lebih cepat dan harga terjangkau,” kata William.

Selain itu, penggiat UKM kuliner kuliner bisa memanfaatkan Go Food yang juga akan tersambung di aplikasi Tokopedia. Serta memanfaatkan inovasi dapur bersama untuk mengembangkan bisnis ke daerah lain di Indonesia.

Wiliam menambahkan, dalam setiap krisis ekonomi, pelaku UKM selalu jadi tonggak ekonomi Indonesia yang tangguh. Sebab penggiat UKM adalah pahlawan ekonomi nasional karena terus menciptakan lapangan kerja baru.