Banjir Ide Bisnis saat Pandemi, Jiwa Wirausaha Generasi Muda Diasah

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.
Sumber :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

VIVA Bisnis – Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menegaskan, sebagai BUMN Pertamina berkomitmen untuk memberikan dorongan kepada anak-anak muda, untuk meningkatkan skill enterpreneurship atau wirausaha mereka dengan berbagai cara.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Misalnya dengan memberikan pendampingan serta kesempatan seluas-luasnya bagi para anak muda untuk melahirkan ide-ide bisnis, melalui ajang 'Pertamuda Seed and Scale 2022' yang digelar untuk kedua kalinya ini.

"Kenapa ini (jiwa entrepreneurship anak muda) kita dorong? Karena sebetulnya pada saat pandemi COVID-19 terjadi, kita melihat pertumbuhan dari ide-ide bisnis baru ini meningkat," kata Nicke dalam telekonferensi, Senin, 15 Agustus 2022.

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

Selain itu, Nicke juga yakin karena para anak muda ini mempunyai kemampuan untuk mengimplementasikan teknologi-teknologi baru, dan juga digitalisasi. "Jadi lebih ke teknologi terapan dan juga yang berbasis digitalisasi," ujarnya.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati

Photo :
  • Pertamina
IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Dia memastikan, sebagai BUMN tugas Pertamina bukan hanya mengejar profit, melainkan juga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjadi motor penggerak perekonomian nasional. Hal ini menurutnya bisa dimulai dengan mengembangkan ekonomi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, di semua lini dan di semua daerah.

Selain itu, lanjut Nicke, tugas BUMN juga untuk masuk ke sektor-sektor perintis, di mana perusahaan swasta belum sanggup atau belum berani masuk. "Nah, jiwa enterpreneurship inilah yang kita asah," kata Nicke.

Dia menambahkan, untuk memasuki sesuatu yang baru baik itu teknologi baru, produk-produk baru, ide bisnis baru, atau masuk ke pasar yang baru, upaya pengembangan ini harus dilatih dan diterapkan mulai dari mahasiswa dan anak muda. Sebab, meskipun dari sisi jumlah startup Indonesia sudah berada di posisi keenam di dunia, namun dari sisi kemudahan bagi startup Indonesia justru masih belum masuk jajaran 10 besar.

Ilustrasi generasi muda.

Photo :
  • potentia.co.nz

"Maka dengan kontribusi ini, Pertamina mendorong agar bagaimana para startup ini mendapatkan kemudahan-kemudahan untuk berkembang. Diharapkan nantinya makin banyak terobosan untuk masuk ke bidang usaha baru," kata Nicke.

"Jadi kita harapkan program 'Pertamuda Seed and Scale 2022' ini akan melahirkan lebih banyak lagi startup hebat, yang nantinya bisa menjadi unicorn," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya