Suku Bunga Acuan BI Naik IHSG Tetap Menguat, Intip Rekomendasi Saham

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 6 poin atau 0,09 persen di level 7.169, pada pembukaan perdagangan Rabu 24 Agustus 2022.

Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Pascapengunguman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI), IHSG cenderung mempertahankan penguatan atau rebound dari penurunan hari sebelumnya," kata Ratih dalam riset hariannya, Rabu, 24 Agustus 2022.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Dia menambahkan, hal ini merupakan indikasi bahwa pelaku pasar sudah mengantisipasi kenaikan suku bunga acuan BI-7DRRR sebesar 25 basis points (bps).

Ilustrasi IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Sementara itu, meski ada kenaikan suku bunga acuan sebagai antisipasi kenaikan inflasi, BI masih mempertahankan proyeksi pertumbuhan ekonomi pada kisaran 4,5 persen hingga 5,3 persen year on year (yoy) di tahun 2022 ini.

Hal tersebut memperkuat pandangan bahwa inflasi pada level saat ini bersifat temporer, dan akan mengalami normalisasi di tahun 2023.

"IHSG diprediksi bergerak menguat terbatas pada level 7.075-7.228," ujarnya.

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni AKRA, TPIA, FREN, EXCL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya