Dijual Mahal, Indonesia Jadi Pengekspor Kodok Terbesar di Dunia

Katak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Bisnis – Penjual kodok menutup matanya dan dengan satu pukulan, penjual itu berhasil memenggal kepala hewan tersebut. Meskipun pengunjung di Brasserie Prancis berada di meja putih, mereka tidak mengetahui bahwa kaki katak yang mereka santap berasal dari rawa-rawa tropis di Indonesia dan ditangkap oleh pemburu untuk disembelih dan dijual di pasar lokal.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Secara mekanis sebagai pekerja pabrik, penjual bernama Sri Mulyani merobek kulit kodok itu, mengeluarkan isi perutnya dengan tangan kosong dan menjualnya di pasar lokal sebelum diambil oleh pengekspor.

"Saya tidak merasa jijik dan muak dengan kodok, saya hanya memikirkan uangnya saja," kata pria yang menjadi suami Sri Mulyani itu, dikutip dari News.com, Kamis, 25 Agustus 2022.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Baca juga: Pertambangan Ilegal Marak, APBI Setuju ESDM Bentuk Unit Penegak Hukum

Diketahui, Sri Mulyani dan suaminya berjualan di sebuah pasar pagi di Bogor, dan di pinggiran ibu kota Jakarta.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Keduanya dan Suwanto yang juga pemburu kodok menghasilkan hingga Rp 500.000 dalam sehari. Pendapatan ini jauh di atas upah minimum lokal sekitar Rp 2,9 juta dalam sebulan. Mereka mengejar dan menjual kodok ke restoran atau tengkulak untuk di ekspor.

Dimakan karena rasanya yang seperti daging ayam, kaki katak dikenal sebagai makanan lezat di Prancis, Belgia, dan Luksemburg.

Indonesia telah menjadi pengekspor kodok terbesar di dunia, dan menyediakan lebih dari 80 persen impor ke Eropa, hampir semuanya ditangkap di alam liar oleh pemburu katak seperti Suwanto.

Daging kodok

Photo :
  • http://informasikankerservik.blogspot.com

Tetapi para konservasionis khawatir perdagangan yang menguntungkan ini akan mengakhiri populasi kodok tertentu yang membantu menjaga ekosistem tetap sehat dengan memangsa hama. Kecebong mereka juga membantu menstabilkan lingkungan perairan.

Sebagian besar permintaan berasal dari Prancis, di mana diperkirakan 80 juta kodok dikonsumsi setiap tahun.  Prancis sendiri melarang perburuan dan pertanian katak komersial pada tahun 1980.

Perdagangan sebagian besar pindah ke India dan Bangladesh, tetapi negara-negara itu juga melarang ekspor pada akhir 1980-an karena populasi kodok mereka berkurang secara drastis.

"Kami khawatir bahwa selama bertahun-tahun populasi kodok, setidaknya sebagian besar kodok di Indonesia akan runtuh," kata Sandra Altherr dari kelompok Pro Wildlife Jerman, yang ikut menulis laporan tentang perdagangan katak tahun lalu.

Spesies unik di Kalimantan, Kodok Bunglon

Photo :
  • Stefan Hertwig

"Sejarah telah memberi kita pelajaran dan kita harus belajar darinya." Tapi bagi Suwanto pekerjaan itu terlalu menggiurkan untuk ditinggalkan, dan perburuan kodok, katanya, sudah menjadi darahnya.

“Saya berburu kodok sejak 1992, dan ayah saya sebelum saya adalah pemburu kodok,” kata Suwanto, seraya menambahkan bahwa dia tidak yakin apakah tradisi itu akan berlanjut di keluarganya karena dia hanya memiliki anak perempuan, dan menjelaskan bahwa berburu katak adalah urusan laki-laki.

Dari belakang rumahnya, Suwanto dan sekelompok pemburu kodok berangkat ke kegelapan setiap malam pada pukul 8 malam, berjalan kaki menyusuri sawah dan sungai.

Para lelaki sering berburu hingga dini hari, tanpa berbicara jika suara bising itu menakuti makhluk-makhluk licin itu.

Modus operandi mereka terlihat sederhana, bertelanjang kaki dan berbekal lampu tangan kecil, mereka menggunakan jaring yang diikatkan pada tiang kayu panjang untuk meraup kodok yang mereka temukan di kotoran ladang dan tepi sungai.

Tapi di luar alat dasar mereka, para pemburu kodok tampaknya memiliki indra keenam untuk amfibi, dan berhasil mengumpulkan lusinan hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Para pria menangkap 50 hingga 70 kilogram payau Asia (katak pemakan kepiting) dan kodok jawa raksasa setiap malam, yang sebagian besar akan memenuhi pasar domestik, diperkirakan dua hingga tujuh kali lipat volume ekspor.

Katak sashimi

Photo :
  • U-Report

Sementara pemikiran memakan katak dari alam liar Indonesia yang tidak diatur mungkin membuat beberapa orang bergidik, Ferdian Zhang, orang Tionghoa-Indonesia itu memilih untuk membeli semua kaki kodok itu dari Mulyani untuk restorannya di Bogor.

"Mereka adalah katak yang hidup bebas, ditangkap di alam liar seperti ayam kampung. Rasanya tidak bisa dibandingkan," katanya.

Pasar lokal didominasi oleh minoritas Tionghoa-Indonesia, karena banyak di antara mayoritas Muslim percaya memakan kaki katak adalah "haram" (dilarang).

Kelompok konservasi Altherr berharap untuk menarik perhatian masalah ini pada konferensi Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Terancam Punah (CITES) yang bertujuan untuk memasukkan beberapa spesies katak ke dalam daftar yang dilindungi.

Namun Sri Mulyani yakin populasi katak akan terus berkembang. "Tuhan akan melindungi kita dan bersikap adil kepada kita, dan memastikan selalu ada kodok," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya