Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Rupiah melemah terhadap dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Kamis pagi, 25 April 2024. Rupiah tercatat melemah sebesar 38 poin atau 0,23 persen ke posisi Rp 16.192 per dolar AS. 

AS Setop Kirim Senjata ke Israel, Perdana Sejak Agresi ke Gaza

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 16.161 per dolar AS. 

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan mata uang rupiah terhadap dolar AS berpotensi melemah pada hari ini. Hal ini seiring dengan penurunan ekspektasi pasar terhadap kebijakan pemangkasan suku bunga acuan AS, yang melihat data Pesanan Barang Tahan Lama AS bulan Maret yang masih tumbuh lebih bagus dari bulan sebelumnya.

Harga Emas Hari Ini 6 Mei 2024: Produk Antam dan Global Melorot

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

"Data semalam yaitu data pesanan barang tahan lama AS bulan Maret, menunjukkan hasil yang lebih bagus dari proyeksi tumbuh 2,5 persen dari bulan sebelumnya yaitu 2,6 persen," kata Ariston kepada VIVA Bisnis Kamis, 25 April 2024.

Sebuah Mobil Tabrak Gerbang Gedung Putih, Pengemudi Tewas di Tempat

Ariston menuturkan, pasar saat ini juga masih mewaspadai jika konflik di Timur Tengah antara Israel-Iran kembali memanas. Sebab, bila hal itu terjadi maka pasar kembali memburu dolar AS dan emas sebagai aset aman.

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Namun demikian, Ariston menilai kebijakan kenaikan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6,25 persen untuk meredam pelemahan nilai tukar rupiah bisa memberikan sentimen positif bagi pergerakan rupiah terhadap dolar AS hari ini.

Adapun pada hari ini Ariston memperkirakan, mata uang rupiah terhadap dolar AS berpotensi melemah ke arah Rp 16.200. Sedangkan potensi support di kisaran Rp 16.100.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya