Sri Mulyani: Rp 502 Triliun Subsidi Energi Bisa Bangun Rumah Sakit

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, alokasi anggaran subsidi dan kompensasi energi sebesar Rp 502 triliun yang diberikan Pemerintah dapat membangun 3.333 rumah sakit kelas menengah hingga ke pelosok negeri.

Betharia Sonata Dikabarkan Masuk Rumah Sakit Lantaran Stroke, Willy Dozan Setia Dampingi

"Kita punya Rp 502 triliun bisa membangun 3.333 rumah sakit. Kalau Menteri Kesehatan minta bangun rumah sakit ke pelosok bisa kita bangun," ujar Ani sapaan akrabnya di Kantor Kemenkeu, Jumat 26 Agustus 2022.

Ani melanjutkan, selain bisa membangun rumah sakit kelas menengah. Angka Rp 502 triliun dapat membangun sekolah dasar hingga 227.886.

Sri Mulyani: Ekonomi Global Diperkirakan Stagnan

Baca juga: Surat Pengunduran Diri Ferdy Sambo Ditolak Polri, Ini Alasannya

"Atau bikin jalan tol ada 3.501 kilometer, ini bisa menyelesaikan tol Sumatera bahan lebih lewat. Atau bangun puskesmas 41.666," jelasnya.

Stabilitas Sistem Keuangan RI Kuartal I-2024 Terjaga, Sri Mulyani Wanti-wanti Ini 

Saat ini Pemerintah disebutkan akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Hal itu karena anggaran pendapatan belanja dan negara (APBN) sudah melebar akibat tingginya harga minyak dunia.

Pertalite raib di sejumlah SPBU di Jabodetabek.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Bahkan alokasi anggaran itu diperkirakan akan habis dalam waktu dekat. Dan APBN berpotensi melebar hingga Rp 698 triliun.

"Kalau Rp 195,6 triliun nggak disediakan tahun ini akan ditagih pada 2023 di APBN," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya