Antisipasi Cacar Monyet, Pemeriksaan di Soetta Diminta Buka Masker

Pemeriksaan penumpang di Bandara Soetta.
Sumber :
  • Sherly / VIVA.

VIVA – PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta atau Soetta, meminta agar para penumpang baik yang di area kedatangan ataupun keberangkatan, untuk membuka maskernya beberapa saat.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Hal ini sebagai langkah pengecekan kondisi dari antisipasi masuknya virus cacar monyet atau Monkeypox melalui jalur transportasi udara.

Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi mengatakan, bahwa setiap penumpang baik domestik ataupun internasional, diminta membuka masker yang dikenakan saat akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas Avsec (Aviation Security).

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Ilustrasi cacar monyet/monkeypox.

Photo :
  • Freepik

"Masa pandemi biasanya kan menggunakan masker, ini penumpang diminta oleh petugas kami di SCP 2 untuk membuka masker (sesaat) untuk melihat ciri ruam yang ada di wajah, terutama bawah bibir. Jadi kami melihat secara fisik untuk memeriksa penumpang tersebut, baik yang datang maupun yang berangkat di internasional maupun domestik," katanya, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan antisipasi dengan hal lain, mulai dari koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), hingga maskapai.

Monkeypox atau cacar monyet

Photo :
  • crosstimbersgazette

"Kita juga koordinasi dengan KKP, mengenal ciri-ciri dari Monkeypox ini," ujarnya.

Kemudian, adapula sosialisasi mengenai ciri Monkeypox di setiap terminal penumpang, melalui digital banner yang mudah ditemui pengguna jasa. Sosialisasi itu mengenai ciri-ciri bila terpapar Monkeypox.

"Ada sosialisasi dan juga thermal scanner yang dioperasikan penuh untuk mendeteksi suhu (penumpang). Karena salah satu ciri Monkeypox itu adalah suhu tubuh yang tinggi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya