Anggota DPR: Harga BBM Naik Sangat Berpotensi Menyengsarakan Rakyat

Anggota DPR RI Achmad Hafisz Tohir
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

VIVA Bisnis – Wacana pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi dikritisi sejumlah pihak. Salah satunya dari anggota DPR. Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir mengatakan kenaikan BBM bersubsidi yang sudah digulirkan presiden sangat berpotensi menyengsarakan rakyat. Bahkan, kenaikan ini juga bisa memukul para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Hafisz menyayangkan bila memang benar pemerintah jadi menaikkan BBM bersubsidi September tahun ini. Padahal, rakyat kecil sedang merangkak memulihkan ekonominya yang selama dua tahun sebelumnya stagnan karena pandemi COVID-19.

“Harusnya meringankan beban rakyat, caranya mengendalikan harga BBM untuk rakyat. Dengan kata lain, memberikan tambahan subsidi BBM untuk rakyat miskin sebesar Rp 11,2 trilun,” kata Hafisz dalam keterangannya, Kamis, 1 September 2022.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Pertalite raib di sejumlah SPBU. (ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Pemerintah, kata Hafisz, harus berani melakukan terobosan untuk menekan inflasi. Setidaknya harga pangan bisa terkontrol dan tidak melambung tinggi.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Diserukan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR ini, pemerintah mestinya fokus pada pembenahan sektor pangan. Ini dipandang lebih konkret ketimbang menaikkan harga BBM.

“Fokus kepada ketahanan pangan karena dunia akan mengarah ke sana pasti. Jangan belok-belok bicara pensiunan menjadi beban negara, itu menyakitkan orang tua kita semua,” ujarnya.

Hafisz menambahkan, agar pertumbuhan ekonomi nasional tidak terganggu, pemerintah perlu menyusun langkah-langkah strategis. Salah satunya dengan mengurangi impor dan memperkuat ekspor. Menurutnya, langkah sederhana ini bisa mengurangi tekanan inflasi agar nilai rupiah tidak ambruk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya