Infrastruktur Bisa Dibangun Tanpa Utang, Erick Thohir Kasih Buktinya

Menteri BUMN Erick Thohir.
Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyambut baik penyelesaian transaksi kerja sama investasi antara Indonesia Investment Authority (INA) dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) beserta anak perusahaannya, PT Waskita Toll Road (WTTR).

Transaksi tersebut yakni untuk dua ruas Jalan Tol Trans Jawa, yakni Tol Kanci-Pejagan dan Tol Pejagan-Pemalang. Kerja sama dan kesepakatan pencairan dana dari INA, dilakukan melalui anak perusahaan yang sepenuhnya milik lembaga pengelola investasi Indonesia. 

Keduanya yakni PT Rafflesia Investasi Indonesia (RII) dan PT Abhinaya Investasi Indonesia (AII). Hal itu membuat arus kas Waskita Karya semakin kuat untuk pengembangan proyek-proyek lanjutan.

"Dengan skema ini, kita membuktikan bahwa infrastruktur bisa dibangun dengan investasi, tanpa utang," kata Erick dalam telekonferensi, Selasa 6 September 2022.

"Jadi dari sisi posisi di neraca pun lebih baik, tidak menjadi beban perusahaan yang mendapat penugasan, seperti Waskita Karya group," ujarnya.

Tim pekerja sedang membangun salah satu ruas jalan tol Trans-Jawa.

Tim pekerja sedang membangun salah satu ruas jalan tol Trans-Jawa.

Photo :
  • Istimewa

Erick menambahkan, di tengah krisis global yang berpengaruh pada nilai tukar mata uang antarnegara, pembangunan infrastruktur idealnya memang menggunakan dana investasi, dan tidak dari pinjaman.

Halaman Selanjutnya
img_title