Survei Bank Indonesia: Keyakinan Konsumen Meningkat di Agustus 2022

Ilustrasi konsumen.
Sumber :
  • ANTARA/R. Rekotomo

VIVA Bisnis – Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2022 ada di posisi 124,7 atau meningkat dibandingkan Juli 2022 di angka 123,2.

Kantongi Sertifikat Halal BPJPH, Coway Genjot Inovasi Produk

Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono mengatakan, hal itu diketahui berdasarkan survei konsumen Bank Indonesia pada Agustus 2022. Di mana itu mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat.

"Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2022 sebesar 124,7, lebih tinggi dibandingkan Juli 2022, serta secara konsisten tetap berada di zona optimis (IKK>100)," kata Erwin dalam keterangan, Kamis 8 September 2022.

Penjualan Mobil Diprediksi Menurun, Dampak BI Rate

Konsumen Yakin Kondisi Ekonomi Membaik

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono.

Photo :
  • BI
Dekranas Optimis Lestarikan Kerajinan Nasional Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi

Erwin menjelaskan, peningkatan IKK di Agustus 2022 tercatat pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, kelompok usia, dan tingkat pendidikan responden.

"Meningkatnya optimisme konsumen pada Agustus 2022 didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap ekonomi ke depan," jelasnya.

Hal itu terangnya, terindikasi dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE), yang meningkat pada seluruh komponen pembentuknya. Dalam hal ini tertinggi pada indeks penghasilan saat ini.

"Dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang juga tercatat meningkat, terutama pada ekspektasi kegiatan usaha ke depan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya