Suharso Ungkap Pembicaraan Menteri Pembangunan G20 di Belitung

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.
Sumber :
  • Bappenas

VIVA Bisnis – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Manoarfa membagikan hasil pembicaraan dalam pertemuan para menteri pembangunan negara G20 yang berlangsung tertutup. Rapat yang diadakan di Hotel Sheraton Belitung, Kepulauan Riau itu berlangsung selama empat jam dengan dibagi dalam dua sesi.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Pada sesi kedua, Suharso mengatakan bahwa ada beberapa isu yang menjadi pembahasan termasuk isu geopolitik yang sedang memanas yakni terkait perang antara Rusia dan Ukraina.

Saat ditanya mengenai isu geopolitik yang menjadi pembahasan dalam rapat tertutup, Menteri PPN/Bappenas itu menyebut bahwa Indonesia selaku tuan rumah mengadopsi komunikasi yang seimbang.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Menteri PPN Kepala Bappenas Suharso Monoarfa

Photo :
  • VIVA/Natania Longdong

“Terkait isu yang sensitif itu, kita meng-adopt-nya dengan seimbang tidak menggunakan kata-kata yang terlalu keras tapi juga tidak menggunakan kata-kata yang superior untuk memihak salah satunya,” kata Suharso dalam konferensi pers di Belitung pada Kamis, 8 September 2022.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Menurut Suharso, komunikasi yang dia gunakan adalah cara yang biasa digunakan oleh delegasi Indonesia dan merupakan cara yang proporsional terkait isu geopolitik di tengah ketegangan akibat perang Rusia dan Ukraina.

Acara yang berlangsung pada 7-9 September 2022 ini diketahui dihadiri oleh para 31 delegasi yang terdiri dari 24 negara dan 7 lembaga internasional termasuk WHO dan UNICEF.

Delegasi Rusia di pertemuan menteri pembangunan negara G20 di Belitung

Photo :
  • VIVA/Natania Longdong

Dalam kesempatan yang sama, Suharso juga mengapresiasi para menteri pembangunan dari G20, Kata dia, meski adanya perbedaan pendapat namun rapat tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tidak muncul masalah berarti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya