Mendag Zulhas Lepas Ekspor Alas Kaki Senilai Rp 3,13 Miliar

Mendag Zulkifli Hasan hadiri ekspor sepatu ke Eropa.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas melakukan pelepasan ekspor produk alas kaki Nike, yang diproduksi di Indonesia dengan nilai transaksi sebesar US$211,518 atau setara Rp 3,13 miliar (kurs Rp 14.800 per dolar AS).

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Untuk total alas kaki yang akan diekspor oleh PT Pratama Abadi Industri selaku eksportir sebanyak 6.700. Produk diekspor dengan tujuan Uni Eropa.

"Saya senang bahagia dan hari ini juga akan ada pelepasan ekspor produk alas kaki merek Nike oleh PT Pratama Abadi, ke Belanda dengan nilai transaksi sebesar US$211.518," ujar Zulhas di Serpong, Tangerang, Selasa 13 September 2022.

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 13 September 2022: Global dan Antam Kompak Naik

Zulhas mengatakan, Pemerintah Indonesia dalam hal ini akan terus mendukung agar pengusaha untuk melakukan ekspor ke negara lain, hal itu dimaksudkan, agar industri padat karya terus bertahan dan berkembang.

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

"Dulu saya ke sini, tapi katanya Nike-nya pindah ke Vietnam saya nggak tahu kenapa dulu itu," ujarnya.

Pekerja memproduksi sepatu untuk diekspor di Tangerang, Banten, Selasa, 30 April 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Managing Director PT Nike Indonesia Joseph Warren, mengatakan ekspor alas kaki tersebut merupakan container ke-99 untuk tahun ini dengan tujuan ekspor Uni Eropa.

"Uni Eropa merupakan tujuan ekspor nomor dua terbesar untuk produk-produk nike yang dibuat di Indonesia. Dengan total ekspor setiap tahun mencapai US$700, semuanya dibuat di 39 pabrik Nike di negara tercinta," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya