Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Komersial, Ini Maskapainya

Landasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA Bisnis – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menegaskan, saat ini Bandara Kertajati tengah bersiap untuk melayani penerbangan penumpang komersial pada November-Desember 2022 mendatang.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Untuk persiapannya, Budi memastikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan para maskapai penerbangan, yakni Garuda Indonesia dan Lion Air

"Untuk pertama ada empat penerbangan. Pada Desember nanti bertambah menjadi delapan penerbangan," kata Budi Karya dalam keterangannya, Jumat 16 September 2022.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

"Paling tidak ada dua penerbangan untuk umroh," ujarnya.

Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Menhub mengatakan, setelah terdampak pandemi COVID-19, Kemenhub bersama para stakeholder penerbangan telah melakukan berbagai upaya pemulihan. Misalnya yakni dengan membuka penerbangan komersial dari Bandara Kertajati, ke sejumlah daerah seperti Kalimantan dan Bali. 

"Kita juga menunggu tersambungnya jalan tol dari Bandung pada bulan Oktober. Insha Allah pada Desember Bandara Kertajati sudah mulai ramai," kata Menhub.

Lebih lanjut, Menhub mengungkapkan bahwa Bandara Internasional ini akan semakin lengkap, karena saat ini sudah konsisten melayani penerbangan kargo. Dimana, nantinya juga akan dibangun pusat perawatan pesawat, atau Maintenance, Reparation, Overhaul (MRO).

Landasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Majalengka.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Budi Karya menambahkan, Bandara Kertajati bersama Pelabuhan Patimban dan Cirebon, merupakan kawasan segitiga di Jawa Barat yang sangat potensial sebagai kawasan industri.

"Pengembangan kawasan industri yang akan dilakukan di sini akan memberikan dukungan bagi kinerja Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya