Heboh PHK Karyawan, Begini Sejarah dan Kiprah Shopee di Indonesia

Shopee.
Sumber :
  • The Straits Times

VIVA Bisnis – Salah satu perusahaan belanja online terbesar di Indonesia Shopee melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada pekerjanya. E-commerce asal Singapura ini melakukan PHK sebesar 3 persen, dengan alasan efisiensi perusahaan.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Terlepas dari hal itu, Shopee merupakan platform e-commerce yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Di mana Shopee memiliki pesaing lainnya seperti Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak. 

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan, dari PHK ini, Shopee akan memberikan dukungan dengan membayarkan pesangon dengan tambahan satu bulan gaji.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

“Proses ini akan dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah. Karyawan yang terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan dengan tambahan 1 bulan gaji,” kata Radynal dalam keterangan resminya, Senin 19 September 2022.

Selain itu, untuk pekerja yang terdampak juga masih dapat menggunakan fasilitas asuransi kesehatan perusahaan hingga akhir tahun dengan seluruh manfaatnya.

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Lantas bagaimana sejarah dan kiprah Shopee bisa berlabuh di Indonesia? Berikut sekilas data yang dihimpun VIVA dari berbagai sumber.

Shopee Diluncurkan pada 2015 di Singapura

Kantor pusat Shopee di Singapura.

Photo :
  • VIVAnews/Daurina Lestari

Shopee adalah platform belanja online terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2015, di Singapura.

Tak hanya itu, Shopee di 2015 juga melakukan ekspansi di beberapa negara seperti Malaysia, Indonesia , Thailand, Vietnam, Filipina, dan Taiwan.

1 Desember Mulai Masuki Pasar Indonesia

Shopee.

Photo :
  • flickr

Shopee resmi masuk ke Indonesia masih ditahun yang sama sejak diperkenalkan pertama kali pada 2015, atau tepatnya di 1 Desember 2015.

Adapun alasan Shopee masuki pasar Indonesia sebab, RI memiliki populasi penduduk terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, teknologi juga berkembang pesat di Indonesia, sehingga masyarakatnya banyak yang memanfaatkan hal itu.

Pencetus Shopping Day di Tanggal Cantik

Shopee.

Photo :
  • Vietnam Investment Review

Shopee merupakan pelopor pertama shopping day seperti 9.9, di mana pada tanggal cantik di setiap bulan layanan belanja online itu memberikan promo hingga gratis ongkos kirim.

Shopping day hadir pada tahun 2016 untuk menjangkau pembeli mobile-first di Asia Tenggara dan Taiwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya