Harga Bawang hingga Cabai di Bali Lebih Murah Dibanding Jawa

Menteri Pedagangan Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas menyatakan, harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Badung, Denpasar, Bali terpantau stabil. Di mana untuk harga bawang merah jauh lebih murah dibandingkan di pulau Jawa.

Daftar Harga Pangan 3 Mei 2024: Cabai Merah, Gula hingga Daging Sapi Naik

Dalam peninjauan tersebut, Mendag didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Sukawati, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto, dan Plt. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra.

“Harga bapok di Pasar Badung stabil. Sampai hari ini, secara nasional stok tersedia dan harga stabil. Hal ini patut kita syukuri,” kata Zulhas dalam keterangannya, Rabu 21 September 2022.

Ragam Motor Listrik Harga Murah Meriah Hadir di Kemayoran

Ilustrasi bawang merah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irfan Anshori

Untuk harga bapok di pasar itu tercatat, harga bawang merah sebesar Rp 23.000–Rp 25.000/kg lebih murah dibandingkan di Jawa dengan harga rata-ratanya sekitar Rp 30.000/kg. Daging sapi Rp 105.000/kg. Kemudian cabai merah besar juga terpantau lebih murah di harga Rp 45.000/kg, saat harga rata-rata di Jawa Rp 60.000/kg.

Suasana Rumah Mahalini Raharja di Bali Jelang Pernikahan dengan Rizky Febian

“MINYAKITA pun sudah tersedia di Pasar Badung. Pemerintah akan mengerahkan seluruh daya upaya agar inflasi pangan terkendali,” ujarnya.

Adapun upaya Pemerintah dalam mengendalikan inflasi pangan jelasnya, antara lain melalui operasi pasar, subsidi angkutan, serta optimalisasi program Gerai Maritim, Tol Laut, dan Jembatan Udara.

“Pemerintah optimistis dapat mengendalikan gejolak harga sebagaimana upaya stabilisasi minyak goreng yang berhasil mencatatkan deflasi dalam empat bulan terakhir,” imbuhnya.

Selain itu Zulhas mengungkapkan, untuk harga telur ayam terus turun antara 1 dan 7 persen di berbagai wilayah. Harga rata-rata eceran nasional hari ini menunjukkan, harga telur ayam ras Rp 30.400/kg atau turun 3,18 persen dibanding 2 September 2022 atau sebelum kenaikan BBM bersubsidi yang sebesar Rp 31.400/kg.

Di beberapa wilayah, termasuk Jakarta, harga telur ayam ras sudah berada di kisaran Rp 27.500–Rp 30.000/kg atau turun lebih dari 3 persen dibanding minggu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya