Pengamat: Konversi ke Kompor Listrik Bagus untuk Rakyat, Asal…

Ilustrasi kompor listrik
Sumber :
  • Youtube Top 5 Picks

VIVA Bisnis – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengegaskan, pemerintah akan berupaya meningkatkan penggunaan kompor listrik dan kendaraan listrik, guna mengatasi kelebihan pasokan daya (oversupply) listrik PT PLN (Persero).

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan menegaskan, pihaknya mendukung program pemerintah tersebut, selama tidak memberatkan masyarakat.

"Tapi kalau sampai memberatkan masyarakat, saya tidak mau mendukung, karena terkait pula dengan berapa tarifnya nanti," kata Mamit saat dihubungi VIVA Bisnis, Jumat 23 September 2022.

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 23 September 2022: Global Datar, Antam Naik

Karenanya, Mamit menekankan agar pemerintah benar-benar bisa merancang regulasi terkait program kompor listrik tersebut, agar tidak memberikan beban tambahan bagi masyarakat.

Pertamina Adds 7.36 Million Three-kg Gas Canisters for Eid al-Fitr

"Regulasinya benar-benar harus memastikan bahwa tarifnya tidak memberatkan masyarakat. Karena kalau itu memberatkan masyarakat, saya tidak setuju program kompor listrik ini," ujarnya.

Mamit menjelaskan sejumlah hal, yang menjadi latar belakang dari alasan pemerintah hendak memacu penggunaan kompor listrik tersebut. Pertama yakni karena pemerintah tengah berupaya mengurangi subsidi pada elpiji 3 kg, yang beban subsidinya sudah sangat besar sekali.

Ilustrasi kompor listrik

Photo :
  • Youtube Top 5 Picks

"Kemudian yang kedua adalah untuk mengurangi impor elpiji, karena harganya juga fluktuatif," kata Mamit.

Selanjutnya, pemerintah diyakini juga hendak memutus ketergantungan pada impor elpiji, agar bisa lebih mandiri secara energi. Sebab, pemanfaatan kompor listrik diyakini akan lebih 'sustain', mengingat pasokan listrik yang ada di Tanah Air memang tengah mengalami kelebihan pasokan (over supply).

"Karena saat ini listriknya sedang berlimpah. Maka dengan upaya penambahan konsumsi listrik melalui kompor listrik, setidaknya hal itu akan membantu mengoptimalisasi konsumsi listrik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya