100 Hari Kerja, Mendag Zulkifli Hasan Pamer Pencapaian

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengklaim berhasil mencapai mandat Presiden Joko Widodo dalam hal kestabilan harga komoditas pangan selama 100 hari menjabat sebagai Mendag, tepatnya sejak 15 Juni 2022.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Pria yang akrab disapa Zulhas ini menyebut, pada 100 hari jabatannya dia berhasil menaikan harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang semula Rp 600 rupiah, kini mencapai Rp 2 ribu bagi mitra.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah
Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

“Jokowi menargetkan harga TBS harus 2 ribu. Saya rasa itu sulit, namun sekarang sudah diatas 2 ribu harganya. Itu bukan pekerjaan yang mudah, namun sudah terbukti” kata Zulhas, usai memberikan kuliah perdana untuk mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) di Pekanbaru, Senin.

Zulhas juga menyingung persoalan harga minyak goreng yang sempat melambung tinggi beberapa bulan lalu. Kata dia minyak goreng telah mengalami penurunan yang signifikan selama 100 hari ia menjabat sebagai Mendag. Dia berhasil menurunkan harga minyak goreng curah menjadi Rp 13.500 dan minyak goreng kemasan jadi Rp 16.500.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

“Awal saya dilantik (15 Juni 2022) harga cabai itu Rp 120 ribu, sekarang Cuma Rp 50 ribu. Kemudian bawang, dulu Rp 80 ribu, sekarang berkisar 30-35 ribu. Ayam kini Rp 35 ribu dan telur Rp 27 ribu per kilo,” kata Zulhas

Berhasil menurunkan beberapa harga bahan pokok dalam 100 hari kerjanya, Zulhas mengklaim usahanya telah melewati berbagai proses yang tidak mudah dan amat panjang. “Panjang prosesnya itu, siang malam kerjanya” ujarnya

Meski demikian, beras premium masih mengalami kenaikan, namun dia menyebut beras Bulog masih tetap di harga yang sama dan diusahakan untuk tetap stabil sebab bakal terus mendapatkan subsidi dari pemerintah. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya