Tepati Janji, Sri Mulyani Beri Hadiah Daerah yang Sukses Tekan Inflasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah telah memberikan penghargaan berupa Dana Insentif Daerah (DID). Bagi daerah yang mampu menekan atau mengendalikan inflasinya lebih baik dari level nasional dengan besaran Rp 10 miliar.

Daftar Lengkap Pemenang Baeksang Art Awards ke-60

"Daerah ini kita rangking atau dalam hal ini hadiah akan diberikan untuk 10 Provinsi yang bisa mengendalikan inflasi paling tajam semenjak bulan Mei hingga Agustus tahun ini. Atau yang penurunan tingkat inflasinya jauh lebih rendah dari inflasi nasional," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita September 2022, Senin 26 September 2022.

Baca juga: Posisi Duduk Panglima TNI dan Kasad Dudung Janggal, Ini Kata DPR

Kembangkan Kampung Wisata Ulos, Taspen Diapresiasi Wapres Ma'ruf

Adapun kabupaten/kota yang mendapat DID tersebut yaitu, secara rata-rata memiliki kenaikan inflasi dari Mei ke Agustus sebesar 0,26 persen, yang lebih rendah dari kenaikan inflasi nasional sebesar 1,14 persen.

Untuk 10 Provinsi yang mendapat DID itu diantaranya, Provinsi Kalimantan Barat mendapat DID sebesar Rp 10,83 miliar, Provinsi Bangka Belitung Rp 10,82 miliar, Provinsi Papua Rp 10,75 miliar, Provinsi Sulawesi Tenggara Ro 10,44 miliar.

Sri Mulyani, Andika Perkasa, dan Risma Masuk Bursa Cagub PDIP DKI

Kemudian, Provinsi Kalimantan Timur Rp 10,41 miliar, Provinsi D.I Yogyakarta Rp 10,41 miliar, Provinsi Banten Rp 10,37 miliar, Provinsi Jawa Timur Rp 10,33 miliar, provinsi Bengkulu Rp 10,33 miliar, dan Provinsi Sumatera Selatan rp 10,12 miliar.

"Mereka mendapatkan penghargaan atau hadiah dalam bentuk DID kurang lebih Rp 10,43 miliar hingga Rp 10,8 miliar," ujarnya.

Ilustrasi grafik inflasi Indonesia

Photo :
  • vstory

Sedangkan untuk provinsi yang memperbaiki kinerja inflasinya dari Mei ke Agustus 15 kabupaten terbaiknya adalah, Kabupaten Belitung, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Sintang, Kabupaten Merauke, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Sumba Timur.

Berikutnya, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Kudus, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Jember.

Ilustrasi tumpukan uang rupiah

Photo :
  • U-Report

"Kabupaten ini rata-rata mendapatkan penghargaan DID di sekitar Rp 10 miliar," terangnya.

Sementara itu, untuk kota yang berhasil mengendalikan inflasi diantaranya Kota Singkawang, Sorong, Tual, Pontianak, Lhokseumawe, Kendari. Kemudian kota Pematang Siantar, Pare-Pare, Balikpapan, Metro, Yogyakarta, Samarinda, dan Kota Tasikmalaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya