Jokowi Luncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif Untuk UMKM Naik Kelas

Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM di Gedung Smesco, Jakarta pada hari ini Senin 3 Oktober 2022. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi kembali mengingatkan bahwa saat ini semua negara berada dalam posisi yang sangat sulit.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini semua negara berada dalam ketidakpastian. Namun dalam situasi tersebut, Indonesia masih lebih baik dari negara lainnya karena saat ini di kuartal kedua 2022, ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh 5,44 persen.

"Saya masih meyakini di Kuartal ketiga kita masih bisa tumbuh di atas angka tadi. Kuncinya Kita semua harus kompak kita semuanya harus bersinergi kita semuanya harus memiliki perasaan yang sama,"kata Jokowi, di Gedung Smesco, Jakarta, Senin.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

UMKM.

Photo :

Jokowi mengatakan, saat ini tantangan yang dihadapi sangat tidak mudah. Karena itu Kepala Negara mengingatkan pentingnya menjaga kekompakan mengatasi situasi sulit ini.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

"Sehingga perlu yang namanya Indonesia in corporated. Yang besar, yang menengah, yang kecil, bekerja sama berkolaborasi bersama menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di lapangan secara konkret dan nyata," kata Jokowi 

Dia meyakini apabila seluruh kalangan di Indonesia mampu bekerja sama, maka tantangan sulit ini akan lebuh mudah dihadapi. Indonesia pernah melakukan hal tersebut di saat menghadapi pandemi COVID-19 yang saat ini mulai dapat dirasakan hasilnya.

"Yang gede, yang menengah yang kecil kalau sudah bergandengan, saya melihat tadi beberapa contoh yang sudah ditunjukkan akan menjadi sebuah kekuatan besar. Jakarta, Provinsi, Kabupaten, Kota, sampai ke Desa semuanya memang kita harus bekerja sama. Seperti kita menyelesaikan pandemi, semua saya lihat bekerja sama," ujar Jokowi

Wiracana Handfan adalah UMKM Binaan sekaligus nasabah setia BNI.

Photo :

Karena itu, Jokowi berharap melalui gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas ini, dapat menjadi salah satu langkah kerjasama antar sesama anak bangsa sehingga Indonesia mampu menghadapi berbagai tantangan yang muncul di masa depan.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya luncurkan gerakan kemitraan inklusif untuk UMKM naik kelas," ujar Jokowi menutup sambutannya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya