Harga Emas Hari Ini 4 Oktober 2022: Global Tergelincir, Antam Naik

Ilustrasi Emas Batangan.
Ilustrasi Emas Batangan.
Sumber :
  • Foto ANTARA

VIVA Bisnis – Harga emas internasional dibuka turun pada perdagangan Selasa pagi usai menyentuh level tertingginya dalam tiga minggu terakhir. Turunnya emas disebabkan oleh dolar AS yang menguat sehingga meredupkan daya tarik logam mulai.

Dikutip dari Economic Times pada Selasa 4 Oktober 2022, harga emas di pasar spot turun sebesar 0,2 persen ke level US$1.696,04 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS naik sebesar 0,2 persen ke level US$1.705,7 per ons.

Hari ini menguatnya dolar terlihat dari indeks dolar yang naik tipis sebesar 0,1 persen, atau setelah mencapai level terendahnya sejak 23 September 2022. Sedangkan, patokan imbal hasil obligasi AS 10 tahun bertahan dekat dengan level terendah satu minggu lalu.

Baca juga: Duka Tragedi Kanjuruhan, Saham BOLA Ditutup Melemah di Zona Merah

Emas yang lebih rendah juga banyak dipengaruhi aktivitas manufaktur AS yang tumbuh pada September, karena pesanan baru berkontraksi di tengah kenaikan suku bunga yang agresif dari Federal Reserve.

Meskipun emas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi, suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak membayar bunga.

Emas Domestik