Ini Alasan Bahlil Lahadalia Gandeng Freeport Gelar Orasi Ilmiah

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Orasi ilmiah telah di gelar di dua kampus yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Gadjah Mada pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Dalam orasi tersebut, narasumber yang memaparkan materi yakni Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadalia dan Chairman of the Board & Chief Executive Officer (CEO) Freeport-McMoRan Richard C. Adkerson.

Dalam orasi ilmiah yang bertajuk Transformasi Ekonomi Melalui Hilirisasi dengan Kearifan Lokal tersebut, Bahlil Lahadalia menekankan pentingnya hilirisasi sebagai instrumen negara berkembang untuk menjadi negara maju. 

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Bahlil juga menyampaikan bahwa hilirisasi merupakan upaya untuk mengembangkan industri berkelanjutan yang telah terbukti berdampak pada pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, serta peningkatan pendapatan negara. 

Pemerintah bersikeras untuk mendorong hilirisasi dalam penciptaan nilai tambah sumber daya alam, seperti contohnya melalui pembangunan smelter tembaga oleh PT Freeport Indonesia (PT FI) di Gresik, Jawa Timur yang pembangunannya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2021 lalu. 

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Dalam orasi yang di gelar di kampus UGM Yogyakarta, mahasiswa-mahasiswi yang hadir sekitar 1.500 lebih. Mereka sangat antusias dalam pemaparan tentang orasi ilmiah yang dijelaskan oleh Bahlil Lahadalia dan Chairman of the Board & Chief Executive Officer (CEO) Freeport-McMoRan Richard C. Adkerson.

Bahlil Lahadalia lakukan orasi ilmiah di UGM

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

“Hari ini kita melakukan orasi ilmiah di kampus UGM dan dibantu bu rektor sangat luar biasa sekali. Tadi kita berdiskusi tentang pentingnya hilirisasi dalam memberikan nilai tambah dan menciptakan lapangan pekerjaan,”ungkap Bahlil.

“Di sisi lain kita juga berbicara tentang bagaimana ekonomi global saat ini dan ke depan. Dan alhamdulillah saya senang sekali bisa sharing dengan temen-temen mahasiswa yang jumlahnya cukup banyak tadi kurang lebih sekitar 1.500 orang,”ujarnya.

Yang melatarbelakangi di adakan orasi ilmiah di kampus-kampus di Indonesia ini yaitu, Menteri Investasi ingin menjelaskan kepada mahasiswa-mahasiswi tentang ekonomi yang terjadi di Indonesia saat ini khususnya menyangkut hilirisasi.

Bahlil Lahadalia lakukan orasi ilmiah di UGM

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

“Kita ingin menjelaskan kepada adik-adik mahasiswa terhadap sesungguhnya apa yang terjadi dalam ekonomi kita sekarang dan khususnya untuk menyangkut hilirisasi,”kata Bahlil.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) mengajak Chairman of the Board & Chief Executive Officer (CEO) Freeport-McMoRan Richard C. Adkerson dalam orasi ilmiah tersebut agar pemaparannya lebih jelas dan mudah di pahami.

“Pemerintah kan lagi mendorong betul-betul hilirisasi. Nah Freeport salah satu perusahaan yang terkemuka untuk FPI nya dan untuk tambang yang telah melakukan hilirisasi dan sudah berpengalaman, kami meminta untuk juga menjelaskan. Rata-rata kalau Freeport yang menjelaskan kan semuanya jelas. Karena kalau kita pemerintah yang menjelaskan mungkin ada yang kurang puas,”jelas Bahlil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya