PUPR Targetkan Jaringan Irigasi di Tapin Bertambah Jadi 5.472 Hektare

Jaringan irigasi pertanian.
Sumber :

VIVA Bisnis – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Tapin, Kota Rantau, Provinsi Kalimantan Selatan. Hal itu dengan melanjutkan pembangunan jaringan irigasi dan rehabilitasi jaringan irigasi.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Kepala Balai Wilayah Sungai (KBWS) Kalimantan 2, Fikri Abdurrachman mengatakan, pembangunan jaringan irigasi lanjutan akan menambah luas hingga 1.608 hektare sawah yang dapat diirigasi. Semula, jaringan irigasi Tapin hanya dapat mengairi sawah seluas 2.603 hektare. 

"Jadi target kita dalam pembangunan jaringan irigasi DI (Daerah Irigasi) Tapin ini ditargetkan seluas 5.472 hektare, serta penyediaan air baku Tapin sebesar 500 liter/detik," kata Fikri dalam konferensi pers di Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis 6 Oktober 2022.

Cara Pandawa Agri Buat Sektor Pertanian Capai Praktik Berkelanjutan

Ilustrasi Jaringan irigasi pertanian.

Photo :

Kabupaten Tapin, lanjutnya, disebut sebagai DI premium menunjang mata pencaharian sebagian besar penduduknya yang 65 persen adalah petani. 

Meniti Perjalanan dari Kelas Hingga Lapangan, Praja IPDN dalam Latsitardanus 2024

"Daerah irigasi Tapin ini sebutnya DI premium, karena berhubungan dengan bendungan di atasnya sehingga dengan adanya bendungan air bisa diatur sehingga ke depannya airnya selalu ada tidak akan kering meskipun ada kekurangan karena kita punya tampungan besar di atas," kata Fikri.

Fikri menambahkan, lanjutan pembangunan irigasi tersebut adalah lanjut membangun saluran irigasi tahap berikutnya, yaitu saluran irigasi sekunder. Sedangkan, saluran irigasi primer sudah selesai.

Ia menjelaskan, lanjutan pembangunan saluran irigasi ini meliputi Kabupaten Tapin, Kecamatan Bungur, Kecamatan Tapin Utara, Kecamatan Lokpaikat, Kecamatan Tapin Tengah, Kecamatan Tapin Selatan dengan 17 desa. 

Adapun Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) Kalimantan III, M Harliansyah mengatakan, tujuan dari rehabilitasi dari saluran irigasi untuk memperlancar saluran air serta memperbaiki pintu-pintu saluran irigasi.

"Kita dapat amanah untuk melakukan perbaikan. Kita lakukan untuk memperlancar saluran air. Kedua, perbaikan pintunya. Kita targetkan akhir tahun ini selesai," kata Harli. 

Sementara untuk rehabilitasi saluran irigasi Tapin meliputi Kabupaten Tapin, Kecamatan Bungur, Kecamatan Tapin Selatan, Kecamatan Tapin Tengah dengan 14 desa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya