Bikin IKN Jadi Smart City, PT PP Gandeng LG CNS

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.
Sumber :
  • Dok. PUPR

VIVA Bisnis – Perusahaan BUMN konstruksi dan investasi, PT PP (Persero) Tbk, gandeng LG CNS Company Limited (LG CNS) mengembangkan proyek smart city di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Provinsi Kalimantan Timur.  Kolaborasi dilakukan dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Direktur Operasi Bidang Gedung PT PP, Anton Satyo Hendriatmo mengatakan, pembangunan IKN Nusantara masih terus dikembangkan hingga saat ini. Di mana terdapat salah satu hal menarik dari pengembangan IKN tersebut yang mengusung konsep smart city modern.

Menurutnya, konsep intelligent city sebagai wujud pengembangan dari konsep smart city akan mendorong percepatan modernisasi kota. Melalui pemanfaatan teknologi sebagai dasar pengembangan konsep ini.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

“Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan investasi yang terintegrasi dengan industri pendukung, serta memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang Konstruksi, Properti, EPC, Infrastruktur, dan Energi baik di dalam maupun di luar negeri, PT PP siap berkolaborasi bersama dengan LG CNS dalam membangun dan mengembangkan proyek smart city di IKN Nusantara, Kalimantan Timur,” ujar Anton dikutip dari keterangannya, Senin, 10 Oktober 2022.

Kerja sama PT PP dan LG bangun smart city di IKN.

Photo :
  • Dokumentasi PT PP.
Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Dia menjabarkan, bagi pemerintah, penerapan konsep intelligent city di IKN Nusantara tidak hanya dilakukan sebagai upaya dalam mensejajarkan IKN Nusantara dengan ibu kota lain yang telah mengusung konsep serupa. Melainkan diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia dalam mengembangkan konsep intelligent city sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya juga kelestarian lingkungan.

“Kami berharap dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini merupakan langkah yang baik agar kolaborasi kerja sama ini ke depannya dapat diimplementasikan lebih matang lagi dan dapat dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS),” tambahnya.

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dok. PUPR

Penandatangan nota kesepahaman pengembangan kota pintar di IKN itu telah dilakukan Jumat, 7 Oktober 2022. Disaksikan oleh Anton Satyo Hendriatmo dan Cho Sung Mook selaku President Director LG CNS Indonesia, penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tersebut dilakukan oleh Andek Prabowo selaku SVP Operasi Gedung PT PP dan Benjamin Yoo selaku VP LG CNS Smart City & Mobility Business Unit.

“Dengan pengalaman yang dimiliki oleh LG CNS Smart City di Korea, kami yakin dapat menjadi tolak ukur yang sangat baik dalam memberikan konstribusi implementasi pengembangan smart city di Indonesia. Dengan berkolaborasi bersama PT PP tentunya dapat memberikan sinergi terbaik di antara bidang konstruksi dan teknologi informasi untuk memberikan solusi kota pintar di Nusantara IKN,” tabah Benjamin.

Lebih lanjut PT PP dan LG CNS akan terus melakukan kajian-kajian dari berbagai aspek. Sebagai tindak lanjut pelaksanaan rencana kerja sama dalam pengembangan smart city di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya