Kronologi Pesawat Lion Air Putar Balik Gara-gara Mesin Bermasalah di Ketinggian 3.000 Kaki

Maskapai Lion Air.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 330 harus melakulan return to base (RTB) atau putar balik ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Penerbangan yang direncanakan adalah dari Bandara Soetta dengan tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan (PLM).

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Saat dikonfirmasi, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan kronologinya. Lion Air dengan nomor penerbangan JT-330 itu awalnya lepas landas pukul 17.13 WIB menuju Palembang.

Fase mengudara berjalan normal. Di sana, pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur. Namun masalah masalah mulai dirasakan pada ketinggian 3.000 kaki.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

"Lalu pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan," katanya, Rabu, 26 Oktober 2022.

Pesawat Lion Air

Photo :
  • Istimewa
Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Ia melanjutkan, dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandara asal (return to base) di Bandara Soetta.

"Hingga untuk keselamatan, pilot memutuskan untuk RTB," ujarnya.

Saat tiba kembali di Bandara Soeta, teknisi dan pilot melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja (check list) yang membutuhkan waktu.

"Untuk saat ini, Lion Air tidak dapat berspekulasi. Namun, kami telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa penerbangan JT-330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain," ujarnya.

Penerbangan JT-330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya