Seluruh Penumpang Pesawat Lion Air Selamat dari Insiden Mencekam di Ketinggian 3.000 Kaki

Petugas memantau kedatangan pesawat udara dari menara Pemandu Lalu Lintas Udara (ATC) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav (Ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA Bisnis – Sebanyak 169 penumpang dan 6 kru yang menumpangi maskapai Lion Air JT 330 mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, hari ini, Rabu, 26 Oktober 2022. Pesawat dengan rute tujuan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan (PLM) itu diketahui harus putar balik karena mengalami gangguan mesin di ketinggian 3.000 kaki.

Bandara Internasional RI Dipangkas Jadi 17, InJourney Airports Sambut Positif

Bahkan, viral disebut bahwa mesin pesawat Boeing B738 mengeluarkan api dan sempat meledak. Pilot pun memutuskan untuk melakukan Retune to Base (RTB) atau kembali ke bandara asal, yakni Bandara Soetta.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Rosedi mengatakan, dari sisi Airnav, pihaknya telah membantu proses pendaratan dengan selamat.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

"Dari sisi Airnav sudah dibantu untuk RTB dan pendaratan. Dan juga sudah mendarat dengan selamat," katanya, Rabu, 26 Oktober 2022.

Ilustrasi pantauan penerbangan dari ATC.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Dia menerangkan, pesawat telah lepas landas pukul 17.13 dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Kemudian, baru satuenit penerbangan, pada 17.14 WIB, pilot melaporkan adanya gangguan pada mesin pesawat dan meminta untuk mendarat.

"Hingga pada 17.46 WIB, pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Lion Air telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa penerbangan JT-330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain. Lion Air menjalankan pelayanan dan penanganan kepada penumpang sesuai ketentuan yang berlaku.

"Atas kendala yang ada, penumpang dipersiapkan dengan pesawat Lion Air yang lain. Dan kami mohon maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya