Teknologi Digital Bentuk Wajah Baru Ekonomi RI, Peruri Sumbang Hal Ini untuk BUMN

Gedung peruri.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Sejak ditetapkannya pandemi COVID-19 di Indonesia, peran teknologi digital berpengaruh besar menjadi penopang dalam membentuk wajah baru perekonomian negara. Bahkan, pemanfaatan teknologi digital telah membawa Indonesia pada lompatan besar transformasi ekonomi.

Kisah Karyawan Teladan Tesla, Dedikasi Tinggi Berujung Dipecat

Untuk itu, Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri, Gandung Anggoro Murdani mengungkapkan dalam rangka mendorong terwujudnya prioritas Kementerian BUMN pada agenda Kepemimpinan Teknologi dan Pengembangan Talenta melalui percepatan transformasi digital BUMN, Peruri menciptakan SDM yang handal dalam mengadopsi dan memanfaatkan teknologi digital.

Hal ini, kata Gandung terbukti dari data per 3 November 2022 yang dirilis oleh Forum Digital Indonesia (Fordigi), di mana jumlah digital talent Peruri memiliki persentase tertinggi dibandingkan BUMN lainnya yaitu sebanyak 47,88 persen dari jumlah karyawan organik.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Baca juga: Penyidikan Konser Berdendang Bergoyang Terus Bergulir, 17 Saksi Diperiksa

Adapun, digital talent BUMN merupakan karyawan yang memiliki keterampilan dan kapabilitias dalam menggunakan dan mengelola teknologi digital ditandai dengan perolehan sertifikat digital skills.

PNM Excellence Award Bukti Nyata Apresiasi PNM Untuk Karyawan dan Unit Kerja Terbaik

Pembentukan digital talent di Peruri bertujuan untuk mewujudkan perusahaan yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam persaingan di industri security printing dan security digital.

“Saat ini Peruri telah memiliki produk/layanan digital security seperti tanda tangan digital dan mampu memproduksi meterai elektronik. Untuk mendukung bisnis digital security tersebut, Peruri berkomitmen untuk terus meningkatkan skill dan kapabilitas digital karyawan untuk bisa memberikan dampak positif yang nyata kepada perusahaan dengan menghadirkan solusi berbasis teknologi digital,” jelas Gandung dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 5 November 2022.

Aplikasi layanan digital Peruri.

Photo :
  • istimewa

Ia menuturkan, Peruri saat ini juga telah memiliki wadah riset dan pengembangan sendiri yaitu Peruri Research Institute for Authenticity (PRIfA) untuk mendorong kesiapan dan kapabilitas digital karyawan menjadi mastery, yaitu talenta BUMN yang mengimplementasikan digital skill untuk menciptakan inovasi digital maupun terlibat dalam program digital strategis di perusahaan.

Peruri Research Institute for Authenticity (PRIfA) memiliki serangkaian program untuk meningkatkan skill dan kapabilitas digital karyawan di antaranya Peruri Digital Academy, Digital Community of Practices seperti Internet of Things (IoT), Robotic Process Automation (RPA), Infosec & Cybersecurity hingga Blockchain serta Peruri Digital Innovator.

Gagasan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa Indonesia membutuhkan talenta digital sebanyak kurang lebih 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan guna mengantisipasi Revolusi Industri 4.0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya