Medco-Siemens Teken MoU Investasi Berkelanjutan, Bahlil: Bisa Percepat Transisi Energi

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

VIVA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT Medco Intidinamika dan Siemens Energy asal Jerman, dalam upaya percepatan investasi berkelanjutan dan inklusif di Indonesia.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

Kerja sama yang dilatarbelakangi Forum Investasi B20 itu berisi kesepakatan Medco dan Siemens, untuk joint venture di ranah produksi energi berkelanjutan, interkonektivitas regional, dan teknologi rendah karbon.

"Kami berharap kerja sama Medco dan Siemens Energy ini akan mempercepat transisi energi berkelanjutan, yang merupakan salah satu dari tiga pilar utama Presidensi G20," kata Bahlil dalam keterangannya, Kamis, 10 November 2022.

Target Rampung 2025, Pupuk Kaltim Mulai Revamping Pupuk Tertuanya

Dia menambahkan, kerja sama ini bermaksud untuk mendirikan entitas Siemens Energy di Indonesia pada tahun 2023, dan melakukan investasi lokal yang bersifat substansial.

Bahlil mengaku sangat mengapresiasi kerja sama Medco dan Siemens Energy ini, dan berharap dapat menghadirkan arus masuk investasi asing langsung yang besar dan menciptakan banyak lapangan kerja.

OIKN Hadirkan Sekolah Bertaraf Internasional di IKN

"Ini pilihan yang bagus, karena Indonesia memiliki peluang pasar tinggi dan bahan baku yang luar biasa serta hubungan yang baik dengan dunia," ujarnya.

Proyek pembangkit listrik geothermal Medco Energi.

Photo :
  • Medcoenergi.com

Wakil Presiden Senior Siemens Energy Asia Pasifik, Samuel Morillon mengatakan, Siemens Energy merasa sangat bangga bisa menjadi mitra terpercaya Indonesia dalam bidang transisi energi. Melalui pendirian entitas lokal, Morillon berharap untuk bisa memainkan peran strategis dalam upaya dekarbonisasi Indonesia.

"Kami melihat kerja sama ini sebagai bentuk kepercayaan dan titik pencapaian luar biasa dalam perjalanan dan komitmen jangka panjang kami untuk memberdayakan potensi energi di Indonesia secara berkelanjutan," ujar Morillon.

Siemens

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Sementara, Komisaris PT Medco Intidinamika, Yaser Raimi Panigoro menegaskan, komitmen Medco untuk membangun infrastruktur energi Indonesia salah satunya diwujudkan dengan mendatangkan mitra teknologi strategis, dan dilengkapi teknologi energi bersih yang mudah diakses.

"Aliansi strategis Medco-Siemens Energy ini memungkinkan kami untuk memberikan solusi dekarbonisasi dan transisi energi yang cepat bagi Indonesia," ujar Panigoro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya