HLN ke-77, MKI Bakal Tindak Lanjuti Hasil Agenda Transisi Energi G20

Ilustrasi gardu listrik.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVA Bisnis – Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) berencana menggelar acara Hari Listrik Nasional atau HLN ke-77 tahun 2022. Acara itu berupa Seminar dan Pameran Industri Ketenagalistrikan pada 29-30 November 2022 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Ketua Panitia HLN ke-77, Noesita Indriani mengatakan, dengan tema 'Pasca-KTT G20: Peta Jalan Transisi Energi Untuk Mencapai NZE Tahun 2060', pelaksanaan HLN ke-77 setelah G20 ini diharapkan dapat menyampaikan informasi terkait hasil dan tindak lanjut G20.

"Terutama dengan fokus pada sektor energi, khususnya subsektor kelistrikan," kata Noesita dalam keterangannya, Senin 14 November 2022.

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Baca juga: Anak Petani yang Digugurkan Jadi Polwan oleh Keponakan AKBP Akhirnya Lulus, Begini Kisahnya

Dia memastikan, acara ini bakal dihadiri 300 peserta dari berbagai industri ketenagalistrikan, dan lebih dari 30 peneliti dan ahli di sektor energi dan ketenagalistrikan baik nasional maupun internasional. Semuanya akan berbagi informasi, pengetahuan, dan teknologi terkini, serta lebih dari 30 exhibitor akan memamerkan teknologi-teknologi terakhir terkait Transisi Energi.

Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

"Diantaranya adalah, Advance VRE technology, Hydrogen, nuclear, flexible power plant, decarbonization, digital technology, dan lain sebagainya," ujarnya.

Ketua Umum MKI, Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan, dengan mengusung Sub-Tema 'Memanfaatkan Teknologi Dekarbonisasi yang Fleksibel Untuk Stabilitas Grid', peringatan HLN ke-77 ini dapat memberi penegasan bahwa Indonesia memiliki dua pekerjaaan rumah dalam rangka transisi energi Indonesia menuju NZE 2060.

 

Ilustrasi infrastruktur listrik

Photo :
  • Dok. PLN

"Keduanya yaitu pengembangan/pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT), dan Energi nir karbon lainnya yang masif dan Dekarbonisasi pada PLTU eksisting," kata Wiluyo.

Penyelenggaraan HLN ke-77 oleh MKI adalah kelanjutan dari HLN-HLN sebanyak 10 kali sebelumnya, yang dilaksanakan dengan sukses dan akan menjadi forum terkemuka bertaraf internasional bagi para pelaku industri tenaga listrik nasional dan regional Asia.

"HLN ke-77 ini juga merupakan HLN pertama yang dilakukan secara langsung, setelah dua kali sebelumnya dilaksanakan secara online karena pandemi COVID-19. Kami juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung penyelenggaraan HLN ke-77 ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya