Airlangga Sebut Kerja Sama Publik-Swasta Kunci Pemulihan Ekonomi

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Zoom Meeting/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, dalam mendukung upaya transformasi di berbagai sektor digital, penguatan kemitraan antara sektor publik dan swasta menjadi sangat penting.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Airlangga mengatakan, kerja sama itu menjadi salah satu kunci dalam menghadapi tantangan global saat ini dengan memanfaatkan peluang.

“Pemerintah harus menunjukkan kepemimpinan dalam menanggapi tantangan di masa depan melalui kemitraan publik-swasta yang lebih kuat untuk menjadi aksi konkret dari kebijakan,” kata Airlangga dalan keterangan, Senin, 14 November 2022.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Airlangga melanjutkan, dengan kemitraan sektor publik dan swasta yang didukung dengan pemanfaatan berbagai inovasi akan menjadi pondasi dalam memperkuat arsitektur ekonomi pascapandemi.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Adapun upaya tersebut juga diharapkan mampu menyediakan solusi bagi berbagai isu strategis mulai dari ketahanan pangan hingga transisi energi yang terjangkau dan adil.

“Dengan kemitraan ini, kami berharap ekonomi Indonesia dapat tumbuh 5,4 persen pada tahun 2022, jauh lebih tinggi dari perkiraan awal berbagai organisasi global. Pada kuartal ketiga 2022, kami bahkan tumbuh 5,72 persen year on year," ujarnya.

Menko Ekonomi Airlangga Hartarto.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Dia menjelaskan, sebagian besar pertumbuhan tersebut berasal dari sektor-sektor yang telah bangkit kembali dengan baik.

Menko Airlangga berharap, dunia bisnis untuk melakukan transformasi dengan memanfaatkan teknologi serta research and development yang kuat sehingga diharapkan mampu mendorong praktik bisnis yang lebih efisien dengan produktivitas yang lebih tinggi.

"Transformasi bisnis tersebut juga harus memperhatikan aspek keberlanjutan dengan ikut menerapkan praktik-praktik Environmental, Social, and Governance (ESG)," ujar Airlangga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya