Pacu Hilirisasi Minerba, MIND ID Jelaskan Peran Inalum hingga Antam

Kegiatan produksi Mind ID.
Sumber :
  • Dokumentasi Mind ID.

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo menekankan agar proses hilirisasi industri di Tanah Air bisa dipercepat. Tujuannya agar dapat meningkatkan nilai tambah produk dalam negeri, serta membuka lapangan kerja yang lebih luas.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Salah satu upaya hilirisasi yang dilakukan pemerintah didorong melalui Holding BUMN Pertambangan MIND ID. Langkah diwujudkan melalui lini bisnis atau anggota Holding MIND ID di sektor aluminium dan nikel. Ini menjadi komponen kunci dalam pengembangan industri kendaraan listrik.

"MIND ID memiliki tiga mandat dari Pemerintah. Pertama, mengelola cadangan dan sumber daya strategis. Kedua, hilirisasi, dan ketiga, memiliki kepemimpinan pasar yang diwujudkan melalui optimalisasi komoditas mineral dan ekspansi bisnis," kata Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso dalam keterangannya, Selasa 15 November 2022.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

Hendi menjelaskan, untuk industri aluminium, MIND ID punya PT Inalum (Persero) yang merupakan produsen tunggal Ingot Aluminium di Indonesia dengan kapasitas produksi hingga 250.000 ton per tahun. Melalui MIND ID, pemerintah Indonesia memiliki 100 persen saham di Inalum.

Mind ID.

Photo :
  • Dokumentasi Mind ID.
Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Sedangkan untuk nikel, MIND ID punya Antam dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Saham INCO sendiri telah didivestasi oleh MIND ID sebesar 20 persen. Bersama Antam, INCO akan menjadi produser nikel nomor dua terbesar di Indonesia.

Upaya mempercepat industri kendaraan listrik berbasis baterai saat ini disebut menjadi salah satu solusi untuk menurunkan emisi global yang kian meningkat. Sebab, kendaraan listrik merupakan alternatif transportasi ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi, dan sebagai bentuk penambahan nilai dari komoditas mentah yang dihasilkan.

"Mempercepat kehadiran industri kendaraan listrik di Indonesia sejalan sustainability pathway MIND ID dan sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), terutama pada pilar penanganan perubahan iklim," ujar Hendi.

"Tujuan pembangunan berkelanjutan sejalan dengan sustainable pathway MIND ID, dalam mewujudkan komitmen pertambangan hijau atau green mining. Hal itu guna mempromosikan efisiensi energi yang mengurangi jejak siklus hidup terhadap dampak lingkungan, sehingga metode hemat energi dan material dalam pertambangan serta pengayaan mineral harus terus dikembangkan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya