IIF Berkolaborasi dengan Angkasa Pura I Terapkan ESG di 15 Bandara

KErja Sama IIF dengan AP I.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Bisnis – PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) melakukan penandatanganan perjanjian bersama PT Angkasa Pura I. Dalam kerja sama itu direncanakan IIF akan memberikan Environmental, Social, and Governance (ESG) Advisory terhadap 15 bandara yang beroperasi di bawah AP I.

Bea Cukai Tanggapi Viral Penumpang Pilih Robek Tas Hermes Ketimbang Bayar Pajak Rp 26 Juta

Adapun IFF pada kesempatan ini juga menjadi tuan rumah dalam peluncuran ESG Framework and Manual dengan dukungan dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan.

Framework dan manual tersebut merupakan pedoman yang mencakup prinsip-prinsip, risiko dan mekanisme pengimplementasian faktor ESG dalam pembiayaan infrastruktur. Dengan mengoptimalkan fungsi Special Mission Vehicle di bawah Kemenkeu melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

Sri Mulyani, Andika Perkasa, dan Risma Masuk Bursa Cagub PDIP DKI

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi

Photo :
  • Maha Liarosh/VIVA.

“Selaku lembaga yang bergerak di bidang pendanaan infrastruktur di bawah payung Kemenkeu, peluncuran ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa bagi kami untuk dapat meneruskan idealisme dan praktiknya," kata Presiden Direktur IIF Reynaldi Hermansjah dalam keterangan, Selasa 15 November 2022.

Ekonomi Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen di Tengah Gejolak Global, Sri Mulyani: APBN Jaga Daya Beli

"Kami berbahagia karena telah berperan besar dalam penyusunan kerangka kerja ESG, dan yang terpenting hari ini kami berkesempatan untuk menyebarluaskan pentingnya kerangka kerja ESG dalam memastikan keberlanjutan dari tiap investasi pembangunan infrastruktur di Indonesia," lanjutnya.

Reynaldi mengatakan, penunjukan IIF oleh Kemenkeu sebagai tuan rumah adalah bukti nyata atas kredibilitas IIF pada ranah tersebut.

"Kolaborasi antara Kementerian Keuangan, UNDP dan Pemerintah Kanada melalui diplomasi World Bank dalam peluncuran framework ini juga mencerminkan bahwa IIF adalah organisasi yang inklusif sebagaimana layaknya sektor pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan," ujarnya.

Reynaldi menyatakan, walaupun IIF selalu menegakkan ESG pada seluruh proyek dari awal mula berdiri, framework ini merupakan sebuah lembaran baru. Karena diluncurkannya framework ini, diharapkan seluruh proyek KPBU di bawah Kemenkeu telah dinilai layak dari segi ESG.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya