Amazon Siap Beli Listrik yang Dihasilkan 4 Pembangkit Listrik Tenaga Surya PLN

PLN dan Amazon sepakati kerja sama pengembangan EBT.
Sumber :
  • Dok. PLN

VIVA Bisnis – PT PLN (Persero) mengumumkan kesepakatan dengan Amazon untuk pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dengan kapasitas 210 megawatt (MW). Daya tersebut akan dihasilkan dari empat proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Indonesia.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan, ini adalah perjanjian pertama bagi kedua perusahaan yang memungkinkan penambahan PLTS berskala besar ke dalam sistem nasional.

Berdasarkan kesepakatan ini, Amazon akan membeli listrik berbasis EBT di Indonesia, yang dipasok melalui empat proyek PLTS tersebut untuk mendukung kegiatan operasionalnya di Indonesia. Keempat proyek tenaga surya tersebut akan berlokasi di Bali dan Pulau Jawa, pada jaringan Jawa-Madura-Bali. 

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

"Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi rumah kaca, untuk mencapai tujuan nol bersih pada tahun 2060," kata Darmawan dalam keterangannya, Selasa 15 November 2022.

PLN dan Amazon sepakati kerja sama pengembangan EBT.

Photo :
  • Dok. PLN
Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Dia mengatakan, komitmen Amazon untuk menjadi off-taker adalah pendorong utama untuk proyek-proyek ini. Hal ini memungkinkan PLN memperkenalkan peluang yang sama untuk organisasi lain yang tertarik, dan membuka lebih banyak opsi pengadaan EBT perusahaan di Indonesia. 

Inisiatif PLN dalam pengadaan energi terbarukan diyakini Darmawan akan membawa Indonesia lebih dekat untuk mencapai net zero emission pada tahun 2060.

"PLN berkomitmen penuh mendukung program pemerintah, untuk menerapkan energi bersih dan mempercepatnya dengan peta jalan yang jelas untuk mencapai misi tersebut. Kolaborasi antara sektor swasta dan publik ini adalah strategi kunci, untuk memastikan masa depan energi yang bersih dan terjangkau," ujarnya.

Diketahui, PLN akan membangun empat proyek pembangkit listrik skala utilitas baru, yang masuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Listrik (RUPTL) 2021-2030. Hal itu merupakan RUPTL terhijau yang pernah dimiliki dalam sejarah nasional, dengan penambahan 20,9 gigawatt pembangkit listrik energi terbarukan.

Dengan perjanjian ini, PLN akan mendukung Amazon menuju 100 persen energi terbarukan, dan berharap inisiatif ini akan menginspirasi kolaborasi di masa depan dengan perusahaan multinasional lain yang bercita-cita tinggi akan kesadaran lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya