RI Punya Potensi Besar, Jokowi: Buat Negara Lain Bergantung ke Kita

Presiden Jokowi di Istana Negara
Presiden Jokowi di Istana Negara
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Bisnis – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah secara serius tengah melakukan strategi besar perekonomian negara dengan mendesain ekosistem kendaraan listrik. Menurut Jokowi, Indonesia memiliki hampir semua yang dibutuhkan untuk membuat ekosistem tersebut.

Karena itu, Kepala Negara memiliki keinginan agar negara lain bergantung kepada Indonesia. Dengan begitu, Ekonomi Indonesia akan menjadi semakin besar dan semakin diperhitungkan.

"Bagaimana membangun sebuah ekosistem besar sehingga negara lain tergantung pada kita karena kita memiliki nikel, memiliki tembaga, memiliki bauksit, memiliki timah, dan potensi kita ini gede sekali," kata Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato kunci pada acara Kompas100 CEO Forum Tahun 2022 yang digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat, 2 Desember 2022.

Aktivitas pertambangan di Maluku Utara yang melakukan ekspor bijih nikel.

Aktivitas pertambangan di Maluku Utara yang melakukan ekspor bijih nikel.

Photo :
  • ANTARA Foto/Abdul Fatah

Jokowi mencontohkan dua negara yang dinilainya berhasil membuat negara lain bergantung kepada produk mereka. Yakni Taiwan dengan produk cipnya, dan Korea Selatan dengan komponen digitalnya. 

"Saya lihat terus, yang membuat mereka melejit salah satunya membuat komponen-komponen digital sehingga perusahan-perusahan besar di Amerika semuanya tergantung pada dia, butuh dia," jelasnya.

Menurut Jokowi, saat ini sebenarnya juga banyak negara yang bergantung pada Indonesia dalam beberapa komoditi. Seperti salah satunya batu bara.

Halaman Selanjutnya
img_title