Mendag Tegaskan Bahaya Impor Sayur dan Buah bagi Petani Lokal

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengungkapkan, banyak buah dan sayur yang sebenarnya bisa diproduksi sendiri di dalam negeri justru malah diimpor. Ia menegaskan, hal itu akan berdampak sangat besar terutama bagi para petani di Tanah Air.

Jika hasil produksi petani sudah sepi peminat karena pasar atau konsumen lebih memilih membeli buah atau sayur impor, Zulhas mengungkapkan hal itu bisa menghilangkan profesi para petani itu sendiri.

"Jangan kita dibanjiri produk-produk yang sebenarnya bisa kita produksi sendiri. Karena banyak impor, buah mangga atau buah naga kita akhirnya tidak laku, atau harga jualnya rendah sehingga busuk karena tidak laku terjual," kata Zulhas di kantornya, Rabu 7 Desember 2022.

"Lalu karena buah naga dan jeruknya tidak laku, maka petaninya juga sudah pada hilang sekarang. Kan banyak yang seperti itu," ujarnya.

ilustrasi impor.

ilustrasi impor.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Mendag berharap, nantinya Indonesia juga bisa bertindak seperti negara-negara maju, yang melindungi pasar dan para petaninya dari serbuan produk-produk impor.

"Saya melihat bagaimana negara-negara lain melindungi petani-petaninya atau industri di dalam negerinya. Semua negara begitu," ujar Zulhas.

Halaman Selanjutnya
img_title