Harga Emas Hari Ini 15 Desember 2022: Global Tergelincir, Antam Stagnan

Ilustrasi Emas Batangan.
Sumber :
  • Foto ANTARA

VIVA Bisnis – Harga emas internasional dibuka turun turun tipis pada perdagangan Kamis pagi waktu Asia. Emas tergelincir hari ini usai Federal Reserve AS mengisyaratkan menaikan suku bunga acuan lebih lanjut pada tahun depan.

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

Dilansir dari Economic Times pada Kamis 15 Desember 2022, harga emas di pasar spot tergelincir sebesar 0,1 persen ke level US$1.806,11 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS sedikit berubah ke level US$1.817,80 per ons.

Hari ini, The Fed akan lebih banyak ,menaikkan suku bunga tahun depan, bahkan ketika ekonomi AS tergelincir ke arah kemungkinan resesi. Ketua Fed Jerome Powell mengatakan kenaikan itu dengan alasan bahwa biaya yang lebih tinggi akan dibayarkan jika bank sentral tidak menguasai inflasi dengan lebih kuat. .

Harga Emas Hari Ini 26 April 2024: Global Anjlok, Antam Stagnan

Baca juga: Kamaruddin Sebut Celana Dalam PC Basah, Wartawan Jadi Kapolsek hingga PP Pajak Baru

Diketahui, emas secara tradisional dikenal sebagai lindung nilai inflasi, tetapi suku bunga yang lebih tinggi cenderung meredupkan daya tarik emas karena meningkatkan biaya peluang untuk memegang logam yang tidak memberikan imbal hasil.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Bank Sentral Eropa juga akan menaikkan suku bunga untuk keempat kalinya berturut-turut, meskipun mungkin dengan kenaikan yang lebih kecil, dan menyusun rencana untuk menguras uang tunai dari sistem keuangan karena melawan inflasi yang tak terkendali.

Emas Domestik

Sementara itu, harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.013.000 per gram. Harga itu tak bergerak atau stagnan dibandingkan perdagangan kemarin.

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas ditetapkan seharga Rp 913 ribu per gram. Harga itu juga tak bergerak dibanding perdagangan kemarin.

Ilustrasi emas batangan Antam.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Adapun harga emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp 4,84 juta, 10 gram Rp 9,62 juta, 25 gram Rp 23,93 juta dan 50 gram Rp 47,79 juta.

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp 95,51 juta, 250 gram Rp 238,51 juta dan emas 500 gram Rp 476,82 juta.

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp 556,5 ribu dan 1.000 gram senilai Rp 953,6 juta.

Untuk diketahui, harga penjualan emas batangan Antam ini belum termasuk pajak. Pada hari ini, untuk ukuran emas 250 gram dan 500 gram tercatat sedang tidak tersedia di butik emas Logam Mulia Pulo Gadung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya