Ini 5 Daerah yang Hidup dalam Kategori Miskin di Jawa Tengah

penduduk miskin, (ilustrasi oleh pexels.com)
Sumber :
  • vstory

VIVA Bisnis – Meski banyak memperoleh investasi dari luar, tampaknya beberapa daerah belum bisa terhindar dari badai kemiskinan. Bagaimana tidak, jika dilihat dari sisi ekonomi, masih banyak penduduk di tengah Pulau Jawa ini yang pengeluarannya jauh lebih besar daripada pendapatannya. 

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Dari sekitar 29 kabupaten dan 5 kota yang ada di Jawa Tengah, ternyata masih ada beberapa daerah yang pendapatan masyarakatnya masih berada di garis kemiskinan. Nah, untuk mengetahui hal tersebut, berikut ulasan mengenai lima daerah termiskin di Jawa Tengah menurut data Badan Pusat Statistik. 

1. Banyumas

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Curug Jenggala, Banyumas.

Photo :
  • U-Report

Kabupaten Banyumas adalah salah satu bagian dari wilayah budaya Banyumasan yang telah berkembang di wilayah barat Jawa Tengah. Bahasa yang dipakai adalah bahasa Banyumasan. Sekitar 441.520 masyarakat Banyumas masih hidup dalam garis kemiskinan atau sekira 11,67 persen dari total penduduk. 

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

2. Klaten

Candi Plaosan di Prambanan, Klaten, Jawa Tengah

Photo :
  • ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Klaten juga menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pusat pemerintahannya berada di Kota Klaten, sekira 36 kilometer sebelah barat Kota Surakarta. Kabupaten yang berbatasan dengan D.I Yogyakarta ini dihuni oleh 1.1 juta penduduk tahun 2019 dengan mayoritas suku Jawa. Tapi, sebanyak 458 ribu penduduk berada di garis kemiskinan tahun 2022.

5 Tempat Wisata Kebumen yang Harus Kalian Kunjungi

Photo :
  • U-Report

Kebumen adalah salah satu wilayah yang ada di Provinsi Jawa Tengah dengan ibu kotanya adalah Kecamatan Kebumen Kota. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Banjarnegara di utara, Wonosobo dan Purworejo di sebelah timur. 

Selain itu, Kebumen juga berbatasan dengan Samudra Hindia di selatan, dan Cilacap serta Banyumas di sebelah barat. Penduduk Kabupaten Kebumen pada tahun 2021 adalah 1.4 juta jiwa. Tapi sayang, 416 ribu masyarakatnya hidup di garis kemiskinan. 

4. Magelang

Destinasi wisata Svargabumi, Magelang.

Photo :
  • Instagram/wisatajogja

Kabupaten Magelang merupakan salah satu wilayah pegunungan atau dataran tinggi dari lima gunung yang disebut Panca Arga yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo dan Pegunungan Menoreh. Tapi, sebanyak 575 ribu jiwa masih dalam kategori miskin. 

5. Cilacap

Petugas gabungan menyisir lokasi tenggelamnya kapal Pengayoman IV di perairan Pulau Nusakambangan (Segara Anakan), Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat, 17 September 2021.

Photo :
  • ANTARA/Sumarwoto

Cilacap merupakan salah satu wilayah di kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya sendiri adalah Kota Cilacap. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Brebes, Banyumas, dan Kuningan (Jawa Barat) di bagian utara. Kemudian Banyumas dan Kebumen di bagian timur. 

Cilacap juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian selatan, serta Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) di sebelah barat. Sedangkan tingkat kemiskinan di sana paling tinggi sebesar 11,78% pada tahun 2021 atau sekira 384 ribu jiwa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya