7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Ilustrasi pedesaan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Penduduk pedesaan memiliki peran penting dalam keragaman demografi global. Sementara beberapa negara telah mengalami urbanisasi yang cepat, masih ada negara-negara di mana sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan. Menukil dari Insider Monkey, berikut adalah beberapa negara dengan jumlah penduduk pedesaan terbesar di dunia.

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

7. Etiopia: 95.420.799

Ilustrasi pedesaan

Photo :
  • Pixabay
Jenderal Kopassus di Balik Operasi Rebut Homeyo, Refly Harun Bungkam Irma Nasdem

Ethiopia, terletak di Tanduk Afrika, adalah negara yang terkurung daratan di Afrika Timur. Mayoritas penduduk Etiopia tinggal di daerah pedesaan, mencakup hampir 80% dari total penduduk. Hampir 67% penduduk Etiopia bertani, terutama dalam bentuk pertanian subsisten dan tadah hujan serta produksi peternakan.

6. Nigeria: 101.575.770

Wajar jika Kementerian Ditambah sampai 40 untuk Indonesia yang Besar, Menurut Pengamat

Nigeria adalah negara Afrika Barat. Populasi pedesaan mencakup 46,48% dari total populasi negara. Jagung dan ubi merupakan tanaman utama yang ditanam di Nigeria, dimana 70% rumah tangga terlibat dalam produksi tanaman tersebut.

5. Bangladesh: 103.206.552

Bangladesh menempati peringkat negara terpadat kedelapan di dunia, mencakup hampir 2,2% dari populasi global. Sekitar 68,34% penduduk negara ini tinggal di daerah pedesaan. Terdapat hampir 87.000 desa di negara ini, yang mencakup hampir 75% populasi penduduk. Sebagian besar desa terletak di dataran rendah, dikelilingi oleh sungai dan ladang. Sekitar setengah penduduk Bangladesh bekerja di bidang pertanian dan memanfaatkan lebih dari 70% lahan di negara tersebut untuk tujuan budidaya.

4. Indonesia 115.892.393

Ilustrasi pedesaan

Photo :
  • Pixabay

Indonesia, yang terletak di Asia Tenggara, memiliki populasi pedesaan yang mewakili 42,07% dari total penduduknya. Sekitar 29% tenaga kerja negara ini bekerja di sektor pertanian, yang menyumbang 13,7% terhadap PDB Indonesia melalui produksi pertanian primer. Padi merupakan tanaman utama yang dibudidayakan di Indonesia.

3. Pakistan: 146.845.783

Republik Islam Pakistan adalah negara berkembang di Asia Selatan. Populasi pedesaan Pakistan diperkirakan berjumlah 146.845.783 pada tahun 2022, mencerminkan peningkatan 1,44% dari tahun sebelumnya. Pakistan memiliki 64% penduduk pedesaan, yang sebagian besar bergantung pada pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidup dan pendapatan. Hasil panen utama Pakistan, termasuk gandum, tebu, kapas, dan beras, memiliki nilai paling penting, yaitu lebih dari 75% nilai total hasil panen.

2. China: 514.596.570

Populasi pedesaan di Republik Rakyat Tiongkok berjumlah kurang dari setengah populasi Tiongkok (kira-kira 45%). Hampir 40% tenaga kerja Tiongkok bekerja di bidang pertanian. Sementara itu, produksi pertanian menyumbang sekitar 9% PDB Tiongkok. Beras, gandum, dan jagung merupakan tanaman utama, yang secara kolektif menyumbang lebih dari 90% total produksi pangan negara. Tiongkok berada di posisi kedua dalam daftar negara dengan populasi pedesaan terbesar di dunia.

1. India: 908.804.812

India, sebuah negara di Asia Selatan, berpenduduk padat dan sebagian besar berada di pedesaan. Meskipun merupakan negara terluas ketujuh di dunia, lebih dari dua pertiga (66%) penduduknya tinggal di daerah pedesaan. Himachal Pradesh, Arunachal Pradesh, Odisha, Bihar, dan Uttar Pradesh memiliki lebih dari 80% populasi pedesaan. Sekitar 58% penduduk India bergantung pada pertanian untuk mata pencaharian mereka. Negara ini adalah produsen gandum dan beras terbesar kedua dan juga produsen susu terkemuka di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya