Pelabuhan Indonesia Punya Performa Terbaik, Luhut: Bahkan di Atas Rata-rata Negara Maju

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, Indonesia telah berhasil masuk ke dalam 20 performa pelabuhan terbaik, bahkan mengalahkan rata-rata negara maju. Indonesia merupakan satu-satunya di Asia Tenggara yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Luhut mengatakan, Indonesia merupakan negara yang sering dilewati oleng kapal-kapal internasional. Sebab 40 persen jalur perdagangan internasional melewati Indonesia

"Kita juga patut bangga bahwa Indonesia sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk ke dalam 20 besar negara performa pelabuhan yang baik," kata Luhut dalam Awarding Green Port 2022, Rabu, 28 Desember 2022.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Ilustrasi pelabuhan.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Luhut mengatakan, berdasarkan rata-rata pergerakan di pelabuhan, Indonesia mencapai 24,9 jam. Di mana dengan itu posisi Indonesia mengalahkan pergerakan rata-rata negara maju yang hanya mencapai 20,1 jam.

Fakta, Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan Remaja di Negara-Negara Maju

"Posisi Indonesia ini di atas beberapa negara maju lainnya seperti Italia, Prancis, Yunani, Jerman, Amerika Serikat, Australia, dan Kanada," jelasnya.

Luhut menjelaskan, hal itu bisa diperoleh dikarenakan kerja sama dan digitalisasi pelabuhan. Karena dengan digitalisasi tersebut kata dia, banyak perubahan yang jauh lebih baik.

"Saya masih ingat enam tahun yang lalu kita masih ribut dwelling time satu minggu. Sekarang kita sudah bisa antara dua sampai dua setengah hari," ujarnya.

Menurut Luhut, dengan adanya digitalisasi akan membangun suatu sistem untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya tindak korupsi.

"Karena negara yang martabat dan maju itu membangun sistem digitalisasi," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya