Wamenkeu: Bank Harus Berlomba-lomba Kasih KUR ke UMKM

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara memerintahkan, perbankan untuk tak takut memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

Suahasil menjelaskan, skema pembayaran bunga KUR terbagi menjadi dua antara Pemerintah dan penerima KUR. Untuk Pemerintah, sisa bunga akan dibayarkan oleh Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Nah bank jangan gede-gede ngasih bunga sesungguhnya, yang wajar aja, nanti 6 persen dibayar oleh si pelaku sisanya dibayar oleh negara. Jadi betul, bank nggak boleh takut ngasih KUR harus berlomba-lomba ngasih KUR itu karena kita menginginkan UMKM yang tumbuh," ujar Suahasil dalam Sinergi Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu Kalimantan Barat, Rabu, 8 Februari 2023.

Perkuat Sinergi dan Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai Jalin Koordinasi dengan Pemerintah Daerah

Penyaluran KUR ke UMKM.

Photo :

Suahasil menuturkan, Pemerintah tidak hanya menginginkan nilai KUR besar. Namun, juga diiringi dengan UMKM yang tumbuh.  

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Kinclong, Kinerja Bank Papan Siapa yang Jadi Juara?

"Tumbuh itu artinya tambah banyak, tambah besar, yang mikro jadi kecil, yang kecil jadi menengah dan tambah banyak. Jadi bukan hanya yang itu lagi itu lagi, tapi makin lama makin banyak," jenisnya.

Menurutnya, tugas Kemenkeu tidak hanya menyalurkan permodalan kepada pelaku usaha. Tetapi juga memberikan bimbingan untuk memenuhi aturan-aturan seperti pajak penerimaan daerah.

"Kenapa? ya karena kalau mau membangun seluruh pembangunan kita ya dibiayai oleh kita sendiri. Kan kita nggak mungkin nunggu ada orang kasih uang, kita gratis, jadi kita biayai sendiri dikumpulkan dari masyarakat dikembalikan kepada masyarakat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya