Indonesia dan Malaysia Sepakat Jalankan Misi ke Uni Eropa Rundingkan Larangan Ekspor Sawit

Menko Airlangga dan menteri Malaysia Dato' Sri Haji Fadillah.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Indonesia bersama dengan Malaysia dijadwalkan akan melakukan misi ke Uni Eropa. Hal itu dilakukan sebagai respons atas kebijakan larangan penjualan produk yang merusak hutan, salah satunya adalah kelapa sawit

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

"Pertemuan ini sepakat untuk melakukan misi bersama ke Uni Eropa untuk mengkomunikaiskan dan untuk mencegah konsekuensi yang tidak diinginkan dari peraturan tersebut ke sektor kelapa sawit," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 9 Februari 2023.

Ilustrasi sawit. Sumber foto oleh: bpdp.or.id.

Photo :
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Misi itu, lanjut Airlangga, untuk melakukan pendekatan dengan pihak-pihak yang berkepentingan. Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) yang beranggotakan Indonesia, Malaysia juga akan melobi Uni Eropa untuk mencapai hasil-hasil yang menguntungkan bagai negara produsen maupun konsumen. 

"Kami juga sepakat bahwa setelah misi bersama ke UE, kami juga akan melakukan kunjungan ke India," ujarnya. 

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Airlangga melanjutkan, misi ke India itu dilakukan untuk membuka beberapa peluang potensial di negara tersebut.

"Kunjungan juga bertujuan untuk mempromosikan karena India telah menerima pengakuan terhadap ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) dan MSPO (Malaysian Sustainable Palm Oil) dengan inisiatif bersama dengan Indian Palm Oil Sustainable Framework," ujarnya. 

Adapun pembahasan itu dilakukan Airlangga melalui pertemuan bersama Deputi Perdana Menteri sekaligus Menteri Perladangan dan Komoditas Malaysia Dato' Sri Haji Fadillah bin Yusof.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya