Pendaftaran Kartu Prakerja Skema Normal Dibuka, Airlangga Wanti-wanti Tak Boleh Pakai Joki

Ilustrasi Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang.
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA Bisnis – Pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja hari ini 17, Februari 2023 pukul 19.00 WIB. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan, untuk tidak mendaftar menggunakan calo atau joki.

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Airlangga mengatakan, pada program Kartu Prakerja glombang 48 ini dibuka untuk 10 ribu peserta dengan skema normal. Sebab pada 2020 hingga 2022 Kartu Prakerja dibuka dengan skema semi banos, yang mana itu ditujukan untuk membantu pekerja yang terdampak COVID-19.

"Silahkan calon peserta yang berusia antara 18-64 tahun mendaftar melalui www.prakerja.go.id secara mandiri, tanpa diwakilkan, tanpa joki," tegas Airlangga dalam konferensi pers Jumat, 17 Februari 2023.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Alumni Program Kartu Prakerja di NTB.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

Airlangga meminta, jika calon peserta nantinya sudah berhasil mendaftar program Kartu Prakerja, mereka diminta untuk memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya.

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

"Bila telah berhasil mendapatkan Kartu Prakerja gunakan bantuan pelatihan yang diperoleh dengan sebaik baiknya untuk pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan minat masing-masing, guna mendorong kewirausahaan," ujarnya.

Sebelumnya, Airlangga mengatakan pada pelatihan Kartu Prakerja skema normal ini akan dilakukan secara online dan offline. Beberapa pelatihan yang dilakukan secara tatap muka atau offline yaitu bidang yang fokus pada keterampilan.

"Misalnya yang masuk dalam kriteria Indonesia's Critical Occupations List, Indonesia's Occupations Tasks and Skills. studi dari World Economic Forum, kemudian juga terkait future of job," kata Airlangga.

Airlangga menjelaskan pelatihan Kartu Prakerja itu di antaranya untuk bisnis yaitu digital marketing, data specialist, manager logistik, surveyor, dan desain grafis.

Kartu Prakerja Salah Sasaran

Photo :
  • vstory

Untuk sektor manufaktur seperti manajer produksi, operasi, ahli teknik industri produk, inspektur keselamatan kesehatan kualitas, dan ahli kesehatan dan kebersihan lingkungan kerja.

Airlangga menuturkan, pada pelatihan ekonomi kreatif di antaranya desain grafis, desain layout animator. Sedangkan teknik yaitu, teknisi jaringan dan sistem komputer, power plant operator, pertanian.

"Kemudian jasa termasuk kurir pengantar paket, hospitality, store keeper dan lain-lain. Jadi itu adalah contoh-contoh pelatihan yang akan dilakukan secara offline," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya