Utusan PBB Pastikan Industri RI Komitmen Hilangkan Zat Bahaya pada Makanan Pemicu Kanker

Sosialisasi Indonesia Bebas PCBs di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, awal pekan ini.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA Bisnis – Perwakilan Badan PBB yang berfokus pada pengembangan dunia Industri, United Nation Industrial Development Organization (UNIDO), Rio Deswandi, mengonfirmasi komitmen pemerintah agar Indonesia terbebas dari penggunaan zat berbahaya Polychlorinated biphenyls (PCBs).

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Sejumlah unsur terkait menandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan Indonesia Bebas PCBs 2028 di kawasan industri MM2100 dalam acara sosialisasi Indonesia Bebas PCBs di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, awal pekan ini.

Para pihak yang terlibat dalam penandatanganan komitmen tersebut, antara lain Upik Siti Aslia mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Duarte De Jesus Fernandes dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Rio Deswandi dari UNIDO, Tetsuya Yumoto dari PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), dan Kazuo Sudo selaku CEO Kawasan Industri MM2100.

Danone Tidak Termasuk! Ini Daftar Perusahaan Pendukung Israel Menurut PBB

Sosialisasi Indonesia Bebas PCBs di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi, J

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

"Kami berkomitmen dan memastikan kawasan industri MM2100 secara bertahap tak lagi menggunakan PCBs," kata Kazuo Sudo.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Sedangkan Imam Zulkarnain dari PPLI menjelaskan layanan PPLI dalam upaya mendukung program bebas PCBs serta teknologi pengolahannya di PPLI yang telah siap dioperasikan. "Saat ini PPLI menjadi satu-satunya yang memiliki teknologi pengolahan limbah PCBs di Indonesia," katanya.

Dalam kegiatan yang diikuti ratusan perusahaan di kawasan MM2100 ini juga diselenggarakan konsultasi gratis mengenai limbah PCBs untuk 171 perusahaan yang ada di kawasan MM2100.

PCBs atau Polychlorinated biphenyls merupakan bahan yang digunakan sejak tahun 1930 di berbagai bidang industri secara luas sebagai bahan insulator dalam trafo, kapasitor, cairan pendingin, bahan tambahan cat, kertas tanpa karbon, dan dalam plastik.

Sosialisasi Indonesia Bebas PCBs di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi, J

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

PCBs merupakan bahan berbahaya yang dapat menyebabkan beberapa penyakit degeneratif seperti, kanker, penurunan daya tahan tubuh, peningkatan risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, gangguan sistem reproduksi, dan gangguan sistem syaraf.

PCBs memiliki sifat bioakumulasi dan konsentrasi PCBs akan naik setiap tingkat dalam rantai makanan, kata Upik Siti Aslia. Dengan kata lain, dia menekankan, orang yang mengonsumsi produk hewani (daging, telur, keju, susu) akan mendapatkan dosis jauh lebih tinggi daripada vegetarian murni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya