Sentimen Suku Bunga The Fed Terus Membayangi, Rupiah Melemah

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Senin pagi, 27 Februari 2023. Terpantau pukul 09.16 WIB rupiah melemah sebesar 19 poin atau 0,25 persen ke posisi Rp 15.246 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.227 per dolar AS.

Cara BRI Sikapi Ketidakpastian Global dan Era Suku Bunga Tinggi

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, mematok rupiah di angka Rp 15.216 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan melemah hari ini. Hal itu didorong oleh perkiraan bahwa the Fed akan kembali menaikkan suku bunga acuannya.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

"Potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS masih terbuka hari ini. Karena kemungkinan the Fed akan menaikkan suku bunga acuannya lebih agresif pada rapat berikutnya di pertengahan Maret," ujar Ariston kepada VIVA Senin, 27 Februari 2023.

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Ariston mengatakan, ekspektasi itu juga dipicu oleh rilis data indikator inflasi AS-Core PCE bulan Januari, pada Jumat malam. Hasil rilis itu menunjukkan bahwa kenaikan, melebihi kenaikan bulan sebelumnya.

"Tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS masih menunjukkan tren kenaikan yang artinya pasar masih berekspektasi tingkat suku bunga acuan AS akan kembali naik," jelasnya.

Adapun potensi pelemahan rupiah hari ini ke arah Rp 15.250. Sedangkan potensi support di kisaran Rp 15.190.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya