Literasi Keuangan Wanita RI Masih Rendah, Asuransi Ini Buka Peluang Lebar Berkarir

Ilustrasi asuransi/keuangan.
Sumber :
  • Pixabay/Stevepb

VIVA Bisnis – Tingkat edukasi dan literasi keuangan wanita di Indonesia tercatat masih rendah dibandingkan kaum laki-laki. Padahal, potensi wanita di Indonesia masih besar, tercatat tingkat literasi perempuan hanya sebesar 36,13 persen dari total.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Chief Distribution Officer Sun Life Indonesia Danning Wikanti mengatakan, dari rangkaian program BeYoutiful Inside Out ini pihaknya menargetkan kaum wanita sebagai partisipan terbesar.

"Sun Life ingin mendorong partisipasi wanita Indonesia agar dapat memiliki kolaborasi yang baik sebagai tenaga pemasar yang melakukan pengembangan bisnis, mewujudkan strategi berkelanjutan dan pemberian edukasi. Terhadap masyarakat terkait pentingnya memiliki proteksi dan perencanaan keuangan se dini mungkin," ujar Danning dalam keterangan Kamis, 9 Maret 2023.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Danning mengatakan, program BeYoutiful Inside Out yang telah berjalan sejak bulan Januari lalu ini menghadirkan serangkaian pemaparan untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas serta potensi perempuan dalam berkarya dan berkontribusi pada sektor finansial di Indonesia.

Ilustrasi perhitungan premi asuransi.

Photo :
  • U-Report
Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

“Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, kami turut mendukung partisipasi perempuan Indonesia di bidang ekonomi. Karena melihat bahwa ini dapat menjadi salah satu cara tercepat untuk mendorong pertumbuhan inklusif pemulihan ekonomi yang berkelanjutan serta menciptakan dampak ekonomi yang transformasional," jelasnya.

Danning menjelaskan bahwa dalam acara ini, Sun Life memberikan kesempatan kepada partisipan yang hadir untuk dapat melakukan canvassing kepada masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri mereka dalam berperan secara aktif mengelola keuangan di keluarganya.

Melalui kegiatan ini, Sun Life juga ingin bisa memperluas keikutsertaan wanita dalam menjadi pendukung krusial membangun ekonomi dunia yang sejahtera dan berkelanjutan.

"Program BeYoutiful Inside Out ini dilakukan karena melihat besarnya potensi wanita Indonesia namun masih minimnya edukasi dan literasi keuangan yang mereka miliki," jelasnya.

Hal ini didukung oleh data dari Otoritas Jasa Keuangan pada Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang menyebutkan bahwa perempuan masih tertinggal jauh di belakang laki-laki. Tercatat tingkat literasi keuangan perempuan di Indonesia hanya sebesar 36,13 persen dan tingkat inklusi keuangan senilai 75,15 persen.

“Sun Life yang telah hampir tiga dekade berkarya di Indonesia berharap agar pembekalan yang diberikan melalui program ini dapat menjadi inspirasi bagi perempuan untuk memiliki sumber pendapatan tambahan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Kami ingin terus mempertegas komitmen Sun Life dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi jutaan keluarga agar mereka dapat mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya