Bank Credit Suisse Hembuskan Sentimen Negatif, Rupiah Melemah

Ilustrasi uang dolar
Sumber :
  • vstory

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Kamis pagi, 16 Maret 2023. Terpantau pukul 09.15 WIB rupiah melemah sebesar 59 poin atau 0,42 persen ke posisi Rp 15.440 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.381 per dolar AS.

BI Bolsters Rupiah Stability with Interest Rate Hike to 6.25 Percent

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.365 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah akan melemah terhadap dolar AS hari ini. Sebab berita mengenai Credit Suisse Bank semalam memicu kekhawatiran pasar bahwa krisis perbankan AS telah menyebar ke Eropa.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

"Hal ini mendorong pelaku pasar keluar dari aset berisiko dan masuk ke aset aman seperti emas dan dolar AS. Dan ini mendorong pelemahan rupiah sebagai aset berisiko hari ini terhadap dolar AS," kata Ariston kepada VIVA Kamis, 16 Maret 2023.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Di sisi lain jelas Ariston, pelemahan rupiah bisa tertahan karena krisis perbankan tersebut memperbesar kemungkinan bank Sentral AS akan menahan suku bunga acuannya. Dalam hal ini tidak terlalu agresif menaikan suku bunganya pada rapat mendatang.

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

"Dari Fed Watch Tool terlihat kemungkinan naik 50 persen menjadi 0 persen," jelasnya. 

Adapun potensi pelemahan rupiah terhadap dolar AS hari ini ke arah Rp 15.400. Sedangkan support di kisaran Rp 15.350.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya