Rombak Pejabat Pajak, Sri Mulyani: Jangan Kecewakan Kepercayaan Publik!

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia/tangkapan layar.

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi, melantik 11 pejabat baru di Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Selain pelantikan 11 pejabat pajak itu, bendahara negara ini juga melantik beberapa pejabat di wilayah Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Pengangkatan 11 pejabat pajak tersebut, berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan keputusan Nomor 107/KMK. 01/2023 tentang Mutasi Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Ditjen Pajak Kemenkeu. Dan Nomor 109/KMK.01/2023 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Keuangan.

"Saya minta komitmen anda semua untuk jaga dan bangun reputasi Kemenkeu, berteman secara profesional, jadi pemimpin yang bisa diandalkan. Dan jangan mengecewakan kepercayaan publik kepercayaan institusi Kemenkeu, dan juga kepercayaan dari seluruh stakeholder kita," ujar Sri Mulyani dalam acara Pelantikan Pejabat di Lingkungan Kementerian Keuangan, Jumat, 17 Maret 2023.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Gedung Direktorat Jenderal Pajak

Photo :
  • panoramio

Adapun beberapa pejabat yang dilantik Sri Mulyani hari ini yaitu, dua pejabat Pimpinan Tinggi Madya (pejabat eselon I), 17 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (pejabat eselon II), serta 7 pejabat pada Komite Pengawas Perpajakan.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Untuk pelantikan pejabat Eselon I hari ini terdiri dari Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional dan Staf Ahli Bidang Jasa Keuangan dan Pasar Modal. Selain itu, terdapat mutasi pejabat Eselon II di Ditjen Pajak sebanyak empat pejabat dan promosi sebanyak tujuh Pejabat.

Kemudian juga promosi terjadi di Ditjen Perbendaharaan sebanyak empat Pejabat Eselon II, dan promosi di Ditjen Kekayaan Negara sebanyak 2 Pejabat Eselon II. Terakhir, terdapat pengangkatan Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Komite Pengawas Perpajakan sebanyak tujuh Pejabat.

"Saya minta baik yang dilantik maupun yang hadir disini untuk sekali lagi menegaskan kembali membangun kepercayaan publik bagi instansi Kementerian Keuangan. Ini adalah suatu pekerjaan yang terus-menerus berkesinambungan dan tak pernah putus, karena kepercayaan adalah sesuatu yang memang harus dijaga serta tidak boleh dikhianati atau dicederai oleh siapapun," jelasnya.

Berikut daftar nama dan posisi pejabat baru Direktorat Jenderal Pajak:

1. Teguh budiharto: Direktur Peraturan Perpajakan II
2. Neilmaldrin Noor: Kepala Kanwil DJP Jakarta Selatan II
3. Max Darmawan: Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I
4. Poltak Maruli John Liberty Hutagaol: Tenaga Pengkaji Bidang Pembinaan dan Penertiban SDM
5. Dwi Astuti: Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat
6. Darmawan: Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara II
7. Etty Rachmiyanthi: Kepala Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi
8. Sigit Danang Joyo: Kepala Kanwil DJP Jawa Timur I
9. Heru Narwanta: Kepala Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Utara
10. Arif Mahmudin Zuhri: Kepala Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara.
11. Nurbaeti Munawaroh: Kepala Kanwil DJP Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya