Dua Gerbang Tol di Sumut Ini Dibuka Gratis Selama Periode Mudik Lebaran

Simpang susun tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Sumatera Utara.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Selama arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif alias gratis bagi pemudik dengan kendaraan roda empatnya. Hal ini, bertujuan untuk memecahkan kemacetan dan demi kelancaran lalu lintas.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Untuk diketahui, dua ruas gate to gate yang nantinya dibuka dan dapat dilalui oleh kendaraan. Yaitu Gate Tebing Tinggi - Inderapura sepanjang 28,5 km dan Gate Dolok Merawan – Sinaksak sepanjang 15,6 km.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, mengungkapkan pihaknya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sudah menyiapkan operasi dua gerbang tersebut. Jika sebelumnya kendaraan yang melintas di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dari arah Medan dan hendak menuju wilayah lain seperti Kisaran atau Kuala Tanjung harus berakhir di exit Tebing Tinggi ke jalan nasional.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

"Nantinya, dengan fungsionalnya jalan tol kami, maka kendaraan dapat melanjutkan perjalanannya hingga berakhir di Inderapura," sebut Dindin dalam keterangan tertulis, Rabu, 12 April 2023.

Sedangkan fungsionalnya gate Dolok Merawan hingga gate Sinaksak, Dindin berharap menjadi jalur alternatif, bagi kendaraan yang melintas di jalan nasional dari arah kota Medan yang akan menuju Pematangsiantar.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Ilustrasi tol Trans Sumatera.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi – Parapat sampai dengan saat ini masih dalam tahap konstruksi. Meskipun demikian, Dindin mengatakan bahwa setelah melalui evaluasi dan tinjauan lapangan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), Kementerian PUPR, Polda Sumut dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

"Kedua, ruas gate to gate ini dinilai, yang paling memungkinkan kesiapannya dari aspek keamanan dan kenyamanan untuk dapat dilintasi bagi kendaraan," ucap Dindin.

Dindin mengatakan pengoperasian dua gate itu, dengan fungsional kedua ruas tol ini. Direncanakan mulai dibuka pada 15 April 2023 hingga 2 Mei 2023. Kemudian, difungsikan dua lajur dan 2 arah.

"Ini diperuntukkan hanya untuk kendaraan golongan 1 (mobil, mini bus) dengan batas kecepatan kendaraan 40-60km/jam," kata Dindin.

Berkaca pada momen Lebaran di tahun-tahun sebelumnya, berdasarkan informasi dari Ditlantas Polda Sumut, diprediksi mulai H-7 Lebaran tahun ini akan terjadi kenaikan volume kendaraan di jalan nasional.

Lanjut, Dindin mengatakan scope pekerjaan seksi 1 Tebing Tinggi- Inderapura telah selesai konstruksinya, sehingga sepanjang jalan tol telah dilengkapi dengan perambuan, marka, guadrail dan penerangan yang memadai. Namun, pada area gate Inderapura yang masuk scope pekerjaan Seksi 2 masih terdapat tahap pekerjaan finishing konstruksi.

Gerbang Tol Tebing Tinggi.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra (Medan)

Sedangkan untuk ruas gate Dolok Merawan hingga gate Sinaksak yang masuk scope pekerjaan Seksi 4 masih terdapat titik-titik pekerjaan konstruksi yang perlu menjadi perhatian bagi pengendara yang melintas. 

Sebagai upaya untuk mendukung keamanan dan kenyamanan, Dindin mengatakan, pihaknya akan lakukan pembersihan pada badan jalan dan melengkapi rambu-rambu peringatan serta penerangan selama fungsional berlangsung.

“Kami berharap dengan fungsionalnya jalan tol ini, dapat memperlancar arus mudik dan balik Lebaran, dengan memangkas waktu tempuh perjalanan,” tutur Dindin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya