Tak Main-main, Ini Sumber Kekayaan Dewi Kam Wanita Terkaya RI dengan Harta Rp72 T

Dewi Kam, Wanita Terkaya di Indonesia
Sumber :
  • Tangkap Layat Channel Youtiube WMYGOD

VIVA Bisnis – Dewi Kam berhasil menduduki peringkat sebagai wanita terkaya di Indonesia sekaligus pendatang baru dalam daftar orang paling tajir di Tanah Air 2023 versi Forbes. Melansir Forbes, wanita 73 tahun itu langsung melesat ke posisi 8 dari 29 orang terkaya di Indonesia.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Ia memiliki harta kekayaan mencapai US$4,8 miliar atau setara Rp72 triliun rupiah dengan Rp15.000 per US$1. Harta kekayaan yang dimiliki konglomerat itu melejit dibandingkan tahun 2022 yang mencapai US$2,1 miliar dan menduduki peringkat ke-21. 

Dewi Kam memperoleh sebagian besar pundi-pundi kekayaannya dari saham di perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources Tbk. Ia adalah pemilik saham minoritas sebesar 10 persen di emiten berkode BYAN tersebut. 

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Dewi Kam, Wanita Terkaya di Indonesia

Photo :
  • Tangkap Layat Channel Youtiube WMYGOD

Selain Bayan, Dewi Kam juga melenggang di sektor pembangunan dan pengoperasian pembangkit listrik. Ia adalah pemilik PT Sumbergas Sakti Prima (SSP) yang bermitra dengan PT Bosowa Energi untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeneponto di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan bahwa proyek PLTU Cilacap dikembangkan oleh PT Sumber Segara Primadaya (S2P). Sementara saham perusahaan tersebut dimiliki oleh PT SSP dengan porsi mencapai 51 persen dan PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB) sebesar 49 persen.

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi PLTU Cilacap Ekspansi 660 MW.

Photo :
  • VIVA.co.id/Agus rahmat

PLTU tersebut kedepannya akan memperkuat sistem kelistrikan Jawa-Bali. Letak Proyek Ekspansi ini berada di tiga desa, yaitu Karangkandri, Menganti dan Slarang, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Megaproyek tersebut juga dibangun di atas tanah seluas 26 hektar persegi. Selain itu, Dewi Kam juga terdaftar sebagai pemegang saham Birken Universal Corporation Virgin Islands Inggris. Karena sederet sumber pundi-pundi rupiah tersebut, tak heran Dewi Kam berhasil menduduki peringkat 9 orang terkaya di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya