Restrukturisasi Bisnis, Rasio SDM Garuda Indonesia Jadi Sorotan

Pesawat Garuda Indonesia di Bengkel GMF AeroAsia.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA Bisnis – Restrukturisasi maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia masih menjadi sorotan berbagai pihak saat ini. Perbaikan bisnis tersebut pun ditegaskan harus menyeluruh, termasuk pada sumber daya manusia yang dimiliki.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Pengamat Penerbangan Gerry Soejatman mengatakan, restrukturisasi sumber daya manusia harus terus dilakukan oleh PT Garuda Indonesia Persero Tbk guna mencapai rasio yang tepat. Agar operasional dapat efektif dan efisien

“Namun restrukturisasi dan rasionalisasi jumlah crew, meskipun harus dilakukan, baiknya dilakukan dengan hati-hati dan cermat dengan melihat armada tipe pesawat mana yang kelebihan crew, mana yang pas, mana yang kekurangan, lalu dibuatkan rencana restrukturisasi yang meminimalisir tidak hanya biaya, tetapi juga turnover/terminasi karyawan,” kata Gerry di Jakarta, dikutip dari keterangannya, Sabtu, 29 April 2023.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Garuda Indonesia.

Photo :
  • Dok. Garuda Indonesia

Gerry mengingatkan, jangan sampai karena kelebihan crew di suatu tipe pesawat, atau kelebihan akibat ada tipe armada yang berhenti beroperasi. Lalu sisa crew dari tipe armada tersebut dihentikan/pensiun, sebelum diketahui rencana armada kedepannya bagaimana.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

“Jangan sampai tiba-tiba  jadi kekurangan dan harus meng-hire lagi. Ini salah satu hurdle utama yang dihadapi Garuda saat ini,” tegasnya.

Sementara itu, Asosiasi Pilot Garuda (APG) meminta pihak management bijaksana dalam mengeluarkan kebijakan terkait SDM. “Pilot adalah asset perusahaan yang penting untuk perkembangan perusahaan ke depannya,” kata perwakilan APG.

Sejauh ini, sebutnya, pilot yang tergabung dalam APG, telah menjalankan tugasnya secara professional bahkan pada saat pandemi dan proses PKPU lalu. Pilot telah memberikan sumbangsih yang cukup besar guna kelangsungan perusahaan. Dan telah terbukti bahwa garuda mencapai On Time Performance (OTP) peringkat satu dunia.

APG  berharap manajemen dapat lebih baik lagi dalam perencanaan pesawat (Fleet Plan) ataupun penerimaan pilot, mengutilisasi pilot anak bangsa , dan menjalankan PKB dan PKP yang telah disepakati bersama antara asosiasi dan perusahaan.

Dengan diutilisasinya Pilot CRJ dan ATR pada tipe pesawat lainnya, akan mendukung perkembangan perusahaan dalam hal penambahan rute, penerbangan umrah dan penerbangan haji. Sehingga tidak menggunakan pilot asing dalam hal penerbangan haji, melainkan pilot anak bangsa.

Disebutkan bahwa pemerintah resmi menyuntikkan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) ke dalam modal saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2022. sebesar Rp 7,5 triliun sebagai bantuan pemerintah untuk PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. untuk dapat kembali beroperasi dengan normal setelah pandemi dan paska proses PKPU.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra

Photo :
  • VIVA/Sherly

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra memastikan, suntikan dana sebesar Rp 7,5 triliun dari pemerintah tidak akan dipakai untuk bayar utang. "(Suntikan dana Rp 7,5 triliun) tidak akan dipakai untuk bayar utang," ujar Irfan.

Irfan juga menegaskan bahwa suntikan tambahan PMN tersebut tidak akan dipakai untuk membayar gaji karyawan. Ia merinci bahwa suntikan dana ke dalam modal saham GIAA itu akan digunakan untuk kepentingan perancangan bisnis perusahaan.

"60 persennya untuk alokasi pesawat sesuai dengan business plan (rencana pengembangan bisnis), sisanya untuk modal kerja," tegas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya